Wisata dan Kuliner

Kalau Ke Semarang-Cicipilah Segarnya Es-Puter Cong Lik Yang Melegenda

(jateng.tribunnews.com)-SEMARANG;  Kota ini terkenal dengan kuliner pinggirannya yang lezat.

Banyak kuliner kaki lima yang memiliki rasa nikmat sehingga digemari masyarakat dan wisatawan.

 

Terasa kurang jika ke Semarang tidak mencicipi kuliner2nya. Jika bosan makanan berat dan asin, ada  kuliner dessert yang wajib dicoba. Yaitu Es-Puter Cong Lik di Jalan KH Ahmad Dahlan A no 11 atau yang lebih dikenal Es-Puter Cong Lik Seroja. Ada yang menarik asal usul nama Cong Lik yang melegenda ini.

 

Kata Cong Lik  dari kata Kacong Cilik. Kacong berarti pesuruh sedang Cilik artinya kecil. “Dulu yang punya es Cong Lik ini, Pak Imam Suwarto pas kecil sering bantuin bapaknya nganter2 pesanan pelanggan, nah dari situ dia dipanggil kacong sama pelanggannya, kacong masih kecil lalu ditambahi cilik, disingkat Cong Lik,” ucap karyawan es Cong Lik, Toto (50) ke Tribunjateng.com, (25/5/2019).

 

Cikal bakal es Cong Lik berasal dari ayah Imam Suwarto yang lebih dulu jualan di Semawis dan kini diteruskan saudara perempuannya. Imam Suwarto berjualan sendiri di Jalan KH Ahmda Dahlan dengan nama Cong Lik yang melekat pada dirinya. Meski hanyak berjualan di warung tenda, tempat ini tak pernah sepi pembeli.

 

Ada sejumlah rasa es puter yang disediakan di warung ini. Ada durian, kelapa muda, coklat dan alpukat. “Kalau dulu malah ada 10 rasa, ada kelengkeng dll, namun karena bahannya musiman sekarang kita hanya buat empat,” ucap Toto.

 

Es puter ini disajikan dengan toping pacar cina, potongan roti, daging kelapa muda dan yang beda  daging buah siwalan. Tekstur es puter yang ditawarkan lembut dan manis yang pas. Yang pasti tidak menggunakan pemanis buatan sehingga aman. Satu porsi es puter Cong Lik ini dibanderol Rp 20.000.

 

Pembeli juga bisa pilih dua rasa kombinasi sesuai selera. Bagi yang ingin mencicipi es ini saat mudik ke Semarang, bisa merapat ke Jalan KHA. Dahlan. “Lebaran kita gak tutup, malah mremo jualan. Soalnya banyak orang kulineran kalau lebaran itu, buka antara jam 18-21 habis,” lanjut Toto.

 

Warung Es Cong Lik ini berada di samping Mal Citraland atau tidak terlalu jauh dari kawasan Simpang Lima Semarang. Nah bagi yang sedang mudik atau berwisata ke Semarang saat lebaran jangan lupa mampir ke Es-Puter Cong Lik.

 

(Lex; Artikel ini telah tayang di tribunjateng. com dengan judul Mudik ke Semarang, Jangan Lupa Cicipi Segarnya Es Puter Cong Lik yang Melegenda, Penulis: Like Adelia; Editor: galih permadi; Bahan dari : tribunjateng  dan http://jateng.tribunnews.com/2019/05/26/mudik-ke-semarang-jangan-lupa-cicipi-segarnya-es-puter-cong-lik-yang-melegenda)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close