Kesehatan

Sakit Kepala Belakang Awas Mungkin Itu Gejala Neuralgia Oksipital(2/2)

(m.liputan6.com)-JAKARTA; Pengobatan

Saat mengalami gejala sepeti di atas, sebaiknya langsung periksa ke dokter saraf. Lakukan pemeriksaan fisik yang lengkap serta pemeriksaan neurologis sangat diperlukan dalam mendiagnosis sakit kepala.

 

Diagnosa biasanya dibuat berdasar area karakteristik nyeri. Selain itu, menemukan titik area yang memperburuk nyeri. Hal ini penting untuk memperjelas penyebab neuralgia oksipital struktural atau idiopatik.

 

Selain itu, bisa dilakukan dengan resonansi magnetic pencitraan (MRI) kepala dan tulang bekalang leher. Jika penderita dengan keadaan yang cukup parah, dilakukan pemeriksaan tulang belakang.

 

Pilihan pengobatan

Jika penyebabnya struktural, maka pembedahan pilihannya. Mayoritas pasien penyebab struktural tidak jelas, sehingga pengobatannya dengan Blok saraf lokal dapat dipertimbangkan. Neuralgia oksipital seringkali sulit dikelola karena itu dapat mudah disalah-artikan sebagai sindrom sakit kepala lainnya

 

Penatalaksanaan neuralgia oksipital mengikuti yang biasa tentu saja, dimulai dengan perawatan dan terapi serta pemberian obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID), neuropatik obat-obatan (obat kejang, antidepresan trisiklik),dan mungkin opioid.

 

Perawatan konservatif Terapi fisik, pijat, akupunktur, dan panas adalah perawatan lain yang dapat digunakan untuk perawatan neuralgia oksipital.

 

Selain pembedahan, cara lainnya, Radiofrequency thermocoagulation (RF). Pengobatan itu metode lain yang banyak digunakan untuk mengobati neuralgia oksipital. Ini memiliki banyak keuntungan, termasuk keamanan, kemanjuran, periode pemulihan yang cepat, dan tidak ada jaringan parut permanen.

 

Kesimpulan

Neuralgia oksipital adalah sindrom sakit kepala yang membutuhkan perhatian khusus dalam mendiagnosa dan pengobatan yang tepat. Biasanya, tidak ada penyebab struktural yang jelas, meskipun pemeriksaan yang tepat harus dipertimbangkan untuk menyingkirkan penyebab struktural patologis.

 

Blok saraf oksipital adalah alat diagnostik dan terapeutik yang berharga, sederhana, dan aman yang harus dipertimbangkan pada awal perjalanan pengobatan.

 

Jika rasa sakit berlanjut, maka radiofrequency thermocoagulation (RF) dan atautoksin botulinum harus dipertimbangkan sebelum prosedur bedah. (Stella Maris; Bahan dari : https://m.liputan6.com/health/read/3979427/kerap-sakit-kepala-belakang-awas-bisa-jadi-itu-gejala-neuralgia-oksipital)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close