Iptek dan Lingk. Hidup

Uang Tabungannya Kesedot Aplikasi Ini

(wartakota.tribunnews.com)- PENGGUNAAN Aplikasi VPN memakan korban. Seorang warga rekening uangnya kesedot. Browser Opera juga bisa dan lebih aman. Pembatasan medsos oleh pemerintah membuat akses warga untuk berselancar di sejumlah medsos terganggu.

 

Menkominfo Rudiantara  batasi medsos dengan alasan mencegah penyebaran info tidak benar, melalui aplikasi ini. Akhirnya, banyak netizen (warganet) mencoba jalur lain, termasuk jalur aplikasi VPN agar lancar bermedsos. Rupanya penggunaan VPN juga dilarang oleh Kemenkominfo, karena aplikasi ini bisa menyedot data pribadi si pengguna. Selain itu ada dampak buruk lain bisa merugikan penggunanya.

 

Dampak buruk penggunaan VPN

Dampak buruk VPN dirasakan Mimin (34), warga Jalan Ciledug, Kec-Garut Kota. Uangknya yang disimpan di satu bank raib setelah Mimin menggunakan VPN di ponselnya.

 

“Di HP ada aplikasi m-banking. Waktu WA down, saya disaranin download VPN. Ya saya install biar bisa lancar pakai WA” katanya (24/5/2019). Saat memeriksa saldo melalui m-banking, uang di rekeningnya ludes. Total ada Rp 2,7 juta uang Mimin hilang.

Ia lapor ke bank untuk tanya uangnya yang tiba2 hilang. Dari pihak bank, mimin jadi orang ke-7 yang lapor hal serupa. “Kasusnya sama pakai VPN terus buka m-banking. Saldonya habis” ucapnya. Ia ingatkan agar masyarakat pengguna VPN hati2. Lebih baik copot aplikasi itu ketimbang data pribadi tersedot.

 

Benarkah VPN berbahaya?

Aplikasi VPN  (virtual private network) masih jadi perdebatan. Ada yang bilang VPN berbahaya, ada juga yang menganggap VPN banyak manfaatnya. Saat ini, aplikasi VPN di Playstore jadi primadona. Terbukti, banyak yang mengunduh di Playstore. Dilihat Tribunjabar.id di portal Google Playstore, (24/5/2019) di daftar top free atau aplikasi gratis terbaik, di urutan 1-5, bertengger aplikasi VPN.

Aplikasi VPN rajai aplikasi gratis terbaik di Playstore (Tangkapan layar Google Playstore) Artinya, aplikasi VPN, saat ini banyak diunduh oleh pengguna di Indonesia.

Di urutan pertama, ada aplikasi Turbo VPN. Di urutan kedua, aplikasi Free VPN.

Berikutnya, ada aplikasi 1.1.1.1. Lalu, di urutan keempat, ada aplikasi SuperVPN.

Jika dilihat, ukuran file dari aplikasi VPN itu tak lebih dari 21 MB.Sejumlah aplikasi VPN itu pun mendapatkan rating yang cukup baik dari para pengguna Google Playstore.

Dari skala 1-5, sejumlah aplikasi VPN itu mendapatkan penilaian di atas 4,3.

Bahkan, ada aplikasi VPN yang mendapatkan rating 4,7.

Aplikasi VPN yang mendapatkan rating VPN 4,7 itu adalah Free VPN.

 

Kata MenKominfo soal VPN

Menkominfo Rudiantara menyarankan pengguna internet agar hati2 menggunakan VPN, terutama VPN  yang gratis. Hal itu disampaikan saat jadi narasumber di acara Kompas Petang, (23/5/2019).

 

“Itu sudah diperhitungkan (mengenai saluran lain untuk sebarkan konten negatif dan hoaks), salah satunya via VPN , kan selalu dikatakan kita bisa bypass melalui VP. Saya sarankan hati-hati, hindari VPN,” ujar Rudiantara. Ada alasan2 mengapa pihaknya menyarankan untuk hindari VPN.

” VPN  gratis bisa kita terdampak terbukanya data-data pribadi kita itu satu,” kata Rudiantara.

“Kedua itu bisa jadi masuknya malware ke ponsel kita jadi hindari itu.”

“Yang gratis tetap begitu menggunakan aplikasi WA melalui VPN itu tetap saja kalau video dan gambarnya tidak bisa (dimuat) atau minimal lemot” ujar Rudiantara.

 

Dia benarkan VPN bisa berbahaya mengakses medsos dan aplikasi perpesanan instan. Terutama, VPN, gratisan. “Betul, kecuali mau bayar dua juta tiga juta mungkin ya, tapi siapa sih yang mau bayar 2-3 juta,” katanya. Diberitakan Kompas.com, sekitar 1/4 pemakai internet telah menggunakan VPN.

 

Alasannya, orang menggunakan VPN untuk melindungi privasi mereka ketika pakai WiFi. Ada pula yang memakai VPN yang khawatir mengenai pengintaian dari pemerintah dan penyedia jasa internet.

 

Pakai Browser Opera lebih aman

Ada cara internet kembali normal tanpa download VPN atau mengganti DNS yang berbahaya. Cara ini dengan menginstal aplikasi Opera pada HP ataupun komputer yang biasa anda pakai. SURYA.CO.ID coba pemakaian aplikasi Opera itu dan berhasil mengoperasikan WA; FB dan Instagram (IG) dengan normal.

 

(Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Ini KORBAN Aplikasi VPN Uang Tabungan Langsung Kesedot, Pakai Browser Opera Juga Bisa Tembus Blokir, Editor: Suprapto; Bahan dari : http://wartakota.tribunnews.com/2019/05/25/ini-korban-aplikasi-vpn-uang-tabungan-langsung-kesedot-pakai-browser-opera-juga-bisa-tembus-blokir)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close