Aku cinta Indonesia

Prestasi Dua Menteri Dapat Pujian Dari Menlu Arab

(m.merdeka.com)-Saat ke KTT G20 di Osaka, Jepang, Presiden memboyong dua menteri wanita. Mereka adalah Menkeu Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi.

 

Tak disangka, ketika momen santai dua srikandi itu dapat pujian dari Menteri Luar Negeri Arab Saudi Ibrahim Abdulaziz Al-Assaf. Kepada Jokowi, sang Menlu mengatakan beruntung punya 2 menteri perempuan terbaik dunia.

 

“Anda punya 2 menteri perempuan terbaik di dunia, mereka bersemangat” ujarnya dikutip dari Instagram Sekab. Seperti diketahui, Menkeu Sri Mulyani dan Menlu Retno Marsudi memiliki segudang prestasi dalam dan luar negeri. Apa saja prestasi menteri2 itu? Berikut rangkumannya:

 

1-Sri Mulyani, Menkeu Terbaik Dunia

Pada Februari 2018, Menkeu Sri Mulyani Indrawati mendapat Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit di Uni Arab Emirates.

 

Penghargaan Menteri Terbaik ini penghargaan global yang diberikan pada seorang menteri dari semua negara di dunia tiap tahunnya dan mulai diberikan 2016. Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit.

 

Tak lupa Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya jadi menteri pertama dari Asia yang menerima penghargaan itu. Penghargaan ini pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi.

 

2-Menkeu Terbaik Se Asia 2017 Versi Finance Asia

Tahun 2017, Ani sapaan akrab Sri Mulyani berhasil jadi Menkeu terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Ani dinilai berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan (2017) sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di AS.

 

Dilansir dari financeasia.com, Sri Mulyani dinilai mampu memperbaiki kondisi keuangan Indonesia yang menurun pada 6 bulan pertama 2016. Sejak kembali duduk di kabinet pemerintahan, ia mampu mengurangi target defisit fiskal yang tadinya dikhawatirkan menembus angka 3%.

 

3-Menlu Retno Raih Penghargaan Dari PBB

Sama seperti Menkeu Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi memiliki segudang prestasi di antaranya ialah meraih penghargaan Agen Perubahan untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan dari badan urusan perempuan PBB, UN Women, di Markas PBB, New York, AS pada 2017.

 

Penghargaan ini diserahkan Asisten Sekjen PBB yang juga selaku Deputi Direktur Eksekutif UN Women Lakhsmi Puri pada acara jamuan makan siang yang dihadiri pemimpin dan tokoh perempuan dunia di sela pelaksanaan Sidang Majelis Umum PBB ke-72 di Markas Besar PBB, New York, AS.

 

“Puji syukur alhamdulillah apa yang dilakukan Indonesia selama ini di bidang diplomasi kemanusiaan dan perdamaian dilihat oleh dunia,” kata Menlu Retno Marsudi.

 

4-Dianugerahi Penghragaan tertinggi dari Pemerintah Peru

Pada 23/5/2018, Menlu Retno melakukan kunjungan kerja ke Lima, Peru. Lawatan ini kunjungan bilateral resmi pertama Menlu Indonesia ke Peru sejak dibukanya hubungan diplomatik kedua negara pada 1975.

 

Dalam kunjungan itu, Menlu RI menerima penghargaan El Sol del Peru atau The Sun of Peru, dengan peringkat Grand Cross dari pemerintah Peru. Penghargaan kepada Menlu Retno LP Marsudi atas upayanya dalam memajukan hubungan dan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Peru.

 

Itu sejak Retno Marsudi menjabat Dirjen Amerika dan Eropa, Kemlu. (mdk/has; Desi Aditya Ningrum; Bahan dari : https://m.merdeka.com/politik/inilah-prestasi-dua-menteri-jokowi-yang-dapat-pujian-dari-menlu-arab-saudi.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close