YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Sehat Tanpa Obat(12)-Pembentukan KBS di Bandung

Yakes Area3 Jabarten pada tanggal 20 Februari 2019 melaksanakan pembekalan dan pelantikan Kader Bina Sehat (KBS) yang anggotanya dari perwakilan Klub Senam Kesehatan binaan Yakes Jabar. Diharapkan KBS bias menjadi kepanjangan Yakes.

 

Dalam pembekalan tersebut, salah satu materi yang disampaikan tentang Olah Raga yang baik dan benar. Dalam berolah raga atau Senam sebaiknya diperhatikan kaidah kaidah BBTT yaitu : Baik, Benar, Terukur dan Teratur. Pada kesempatan ini yang dikupas adalah butir 3 yaitu : Terukur.

 

Yang diukur adalah denyut nadi dengan menggunakan rumus 220 dikurangi umur. Misal kita berumur 70 tahun, maka denyut nadinya : 220-70 = 150

 

Bila kita sering Olah Raga  / Senam, pada saat terasa capek, kita ukur denyut nadi, maka disarankan 80% nya jadi 150 x 80% = 120. Pada saat itu kita hsrus istirahat dahulu. Setekah denyut nadi turrun sekitar 65% (=98), senam ataau Olah Raga bisa dimulai lagi.

 

Kembali pada kegiatan KBS bandung, pada hari Sabtu tanggal 27-7-2019, dalam kegiatan rutin pengurus KBS Bandung mensupervisi kepada klub-klub Kesehatan, Kali ini berkunjung ke Klub Senam Buahbatu.

 

Disela kegiatan itu, ketua KBS Bandung berbincang dengan salah seorang peserta pak Trimo dengan NIK 30xxxx. Dia luar biasa dan masih dapat terus mengikuti kegiatan senam rutin di klub Buah Batu.

 

Dia memiliki penyakit darah tinggi, namun tetap terkendali karena dapat mengatur pola makan dan selalu menjalankan olah raga secara teratur (Bahan dan foto dari : pak Laks dan Bu Siti Atisah)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close