YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Seri OR dan Senam-Klub Prolanis Buah Batu Bandung

Di P2Tel Bandung Raya banyak klub2 Senam binaan Yakestel. Seperti sebagian sudah sering saya sajikan disini. Kini bertambah varian yang bertema “Lebih Sehat tanpa obat” dan digalakkan dengan terbentuknya Kader Bina Sehat di tiap Klub Senam.

 

Pada tanggal 25/7/2019 saya mencoba ikut menghadiri Senam Prolani selaain senam yang lain yaitu : Senam Prolanis yang diselenggarakan pada hari Kamis; Minggu terakhir tiap bulannya. Slaha satu yang lokasi Senam Prolanis itu di Gedung Merah Putih(bersebelahan dengan eMC) Buahbatu.

 

Daya tarik yang kuat bagi saya yang Diabetasi sejak 20 tahun lalu, bahwa senam ini melaayani penderita Diabetes dan Hipertensi. Tujuannya agar para penderita tetap stabil atau lebih baik kondisinya serta mencegah agar kedua penyakit itu tidak melebar menjadi Komplikasi.

 

Sebelum senam yang dipandu oleh Tokoh pelatih terkenal yang lama berkecimpung di Yakes adalah pak Sonsi diadakan Health Talk yang dibawakan drg Sherly, yang membawakan “ Kesehatan gigi bagi penderita Diabetes dan Hipertensi”

 

Inti dari ceramah kesehatannya adalah : Di daerah Mulut dan gigi berpeluang muncul bakteri dan terjadinya plak gigi. Karena itu dianjurkan menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan atau sebelum tidur. Disamping itu secara berkala paling lambat 6 bulan 1x memeriksakan kerak/plak gigi ke dokter. Sharing lengkapnya akan disajikan pada kesempatan berbeda.

 

Diingatkan oleh drg Sherly, bahwa kita tidak boleh menunggu menjadi sakit parah gigi kita. Karena disamping produktivitas kita pasti menurun, juga penangannya sakit gigi yang parah, menyulitkan penyembuhannya.

 

Peserta yang hadir adalaah gabungan penderita Diabetes yang berjumlah 18 sedangkan penderita Hipertensi 42, sebagian dobel penyakit. Dengan tambahan tanggal 25/7/19 lebih dari 3 orang serta pada hari itu total peserta 33 Orang.

 

Dalam kegiatan ini selain dibina oleh drg Sherly, pak Sonsi juga mas dan mbak2 : Bowo, Agung Lestari, Hanida dan Yanti. Mereka bersama mengukur Tensi, berat dan tinggi badan, Lingkar pinggang dan mengukur gula darah bagi para penderitanya.Juga mengadministrasi kegiatan untuk dilaporkan ke Yakes Region-3. -(FatchurR/NIK 49xxxx)

 

*** Gambar 1; Kika : Ibu2 : Yanti, Hanida, FR (penulis) dan drg Sherly

*** Gambar 2 : Peserta sedang Bersenam Diabetes. Lokasi di Lantai Dasar Gedung Merah Putih / Poliklinik (eMC) Buahbatu (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close