YAKESTEL DAN OLAH RAGA

P2Tel Bandung Selatan Ber-OR Reboan (21-08-19) dan Senam Diabetes

Hari Rabu tanggal 21/8/19 atau sering disebut Senam Reboan Genap M3 (Bulan genap Minggu ke-3), para peserta Anggota P2Tel Bandung selatan cukup bersemangat menjalankannya.

 

Seperti biasa diawali sekitar jam 06.ersenam Ling Tien Kung dengan Instruktur H. Susanto Harjono, lanjut senam  Diabetseri-1 dan seri-6 serta Senam Disco Tera-1 yang dipandu Instruktur tokoh kita H. Agus Suryana yang sehari hari sibuk sebagai Sekretaris Cabang.

 

Tentu Anda ingin tahu juga apa itu Senam Diabet, Yuk kita ikuti dari sumberberikut ini :

(alodokter.com)- Senam Diabetes bermanfaat bagi penderitanya (Diabetasi). Dirancang berdasarkan usia dan kondisi fisik Diabetasi. Dianjurkan mereka bersenam ini yang gerakannya ringan dan cepat, setidaknya 150 menit/minggu. Agar membakar kalori tubuh dan meningkatkan kepekaan tubuh pada insulin.

 

Senam diabetes dapat membantu menurunkan berat badan, salah satu kendala pada penyakit diabetes, tentu diikuti pola makan yang sehat. Studi klinis terkait program pencegahan diabetes mengungkapkan, perubahan gaya hidup dan ber-OR 150 menit / minggu menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 58%.

 

Latihan pendukung Senam Diabetes (DM)

Senam DM kini banyak dilakukan di Klub2 Senam binaan Yakes Telkom. Selain senam DM ada senam tai chi yang juga rutin dilaksanakan di P2Tel Cabang Bandung Selatan. Senam Tai Chi ini bentuk olah tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan. Seni olah tubuh asal Tiongkok ini gerakan OR gabungan antara gerakan tubuh, olah pernapasan dan juga meditasi.

 

Tai Chi beda dengan senam lain, karena gerakan senam ini lebih lambat dan fokus pada keselarasan gerakan dan pernapasan. Tahun 2009, Universitas Florida meneliti 62 wanita Korea  penderita DM yang teratur bersenam tai chi. Hasil penelitiannya ada perbaikan signifikan pada tingkat gula darah mereka. Tak hanya itu, vitalitas dan kesehatan mental mereka cenderung meningkat.

 

Sebuah penelitian pada sekelompok lansia menunjukan setelah 8 minggu berlatih tai chi, kadar glukosa darah mereka menurun. Berarti ada manfaat bagi pasien diabetes tipe-2. Selain senam DM dan tai chi, yoga juga pilihan jenis latihan yang baik bagi Diabetasi. Yoga seni olah tubuh menggabungkan gerakan membangun fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan.

 

Itu berguna bagi yang berkondisi kesehatan kronis, termasuk DM. Gerakan yoga, menurunkan stres dan memperbaiki fungsi saraf dan kesehatan mental. Yoga juga memperbaiki glukosa darah dan massa otot. Para Diabetasi tipe 2 juga dapat ambil manfaat dari gerakan yoga. Selain membantu menurunkan berat badan, yoga juga mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.

 

Yoga mencegah peningkatan risiko penyakit jantung dan mengatasi faktor2 pemicu penyakit jantung seperti stres, kelebihan berat badan, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Untuk memulai latihan yoga Anda bias hadir di Preventive Center Jalan Ciliwung.

 

Beragam latihan pendukung senam DM lainnya : Jalan kaki, berenang, dansa/menari. Jalan kaki adalah OR terpopuler dan sangat direkomendasikan bagi Diabetasi. Lakukan jalan kaki 3x seminggu, selama 30-60 menit jalan cepat. Ini dapat membantu meningkatkan aktivitas fisik Anda.

 

Dansa atau menari selain menurunkan gula darah dan stres, juga meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan memori. Berenang bermanfaat untuk meregangkan dan melemaskan otot2 tanpa memberi tekanan pada sendi. Ini bermanfaat untuk memperbaiki kadar gula darah dan membakar kalori serta menurunkan tingkat stres.

 

Tips aman bersenam DM dan Latihan pendukung

Untuk meminimalisir risiko, ada hal2 yang perlu diperhatikan sebelum bersenam DM atau latihan lain :n:

  • Periksa gula darah Anda sebelum-sesudah bersenam DM atau latihan lain untuk melihat respon tubuh Anda terhadap latihan yang Anda lakukan.

 

  • Bagi Diabetasi tipe I dan II, pastikan kadar gula darah Anda ada di angka kurang dari 200 mg/dl sebelum ber-OR. Karena kadar gula lebih dari 200 mg/dl berisiko ketoasidosis yang mengancam nyawa lantaran kurangnya insulin dalam darah.
  • Lakukan pemanasan dan pendinginan masing2 lima menit.

Yang sehat.

 

  • Minum banyak air sebelum, selama dan sesudah ber-OR mencegah dehidrasi.
  • Untuk menghindari kadar gula terlalu rendah, siapkan sesuatu yang cepat menaikannya, seperti permen, tablet glukosa, atau jus.
  • Gunakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman dan menutupi kaki.
  • Hentikan aktivitas OR Anda ketika pusing atau sesak napas tiba2.

 

Catatan :

1-Demikian pentingnya rutin berolah raga/senam untuk menurunkan atau menstabilkan penyakit dan sekaligus sebagai tindakan pencegahaan bagi yang sehat

2-Berdasarkan saya terhadap peserta senam di Klub2 Senam binaan Yakes dibandingkan populasi Pensiunan, rasanya peminat sehat belum banyak

 

3-Bisa jadi Pensiuan lainnya punya cara berbeda dalam mengelola kesehatannya. Namun sangat dianjurkan mencoba fasilitas Senam yang tersedia, dijamin Anda akan ketagihan senam secara rutin

 

(Kiriman H. Djuhana; Bahan ditinjau oleh : dr. Kevin Andrian https://www.alodokter.com/senam-diabetes-dan-latihan-pendukung-lainnya)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close