Opini dan sukses bisnis

Rumput Laut Banten Diminati Pasar Dunia

(ekbis.sindonews.com)-CILEGON; Komoditi rumput laut asal Banten kini diminati pasar dunia dan jadi primadona dengan mutunya. Tahun ini tercatat 96 ton rumput laut dikirim ke negara2 ASEAN.
“Pasarnya ulai tumbuh, di Asia dan ke depan semoga bisa ke negara2 tujuannya, potensinya besar,”

 

kata Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat melepas ekspor empat komoditi di Kota Cilegon. Berdasarkan data sistem otomasi IQFAST Karantina Pertanian Cilegon, data ekspor Januari sampai 12/8/19 tercatat rumput laut dengan volume 96 ton diekspor ke Cina mencapai nilai Rp2,4 miliar.

 

“Kami menargetkan akselerasi ekspor bisa meningkat 200%. Untuk mencapai target diperlukan berbagai upaya kolaboratif Pemerintah dengan Pemda, Kelompok Tani serta Pelaku Usaha melalui implementasi Permentan No. 19/2019 tentang Pengembangan Ekspor Komoditas Pertanian,” ujarnya.

Sebelum di ekspor komoditas rumput laut wajib dilakukan periksa karantina tumbuhan, sehingga harus dipastikan keamanannya oleh petugas karantina melalui pemeriksaan dan penerbitan Phytosanitary Certificate (PC).

 

Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Raden Nurcahyo Nugroho menyampaikan, bahwa pihaknya berkomitmen tinggi memastikan ketentuan Sanitary and Phytosanitary Measures (SPS) dalam hal eksportasi rumput laut yang harus dipenuhi yang dipersyaratkan oleh negara tujuan.

“Empat komoditas yang di ekspor masing-masing dedak gandum, rumput laut, tepung pati jagung dan maltodextrine yang mencapai nilai Rp4,56 miliar,” katanya. (akr; Rasyid Ridho; Bahan dari : https://ekbis.sindonews.com/read/1430326/34/rumput-laut-asal-banten-mulai-diminati-pasar-dunia-1565878657)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close