Wisata dan Kuliner

The Atjeh Connection Diplomasi Kuliner Aceh Di Jakarta

(republika.co.id)- JAKARTA; Di era teknologi 4.0, dunia makin tanpa sekat, maka silaturahami tanpa batas gampang dijangkau. Juga, melalui diplomasi kuliner,  berbagai lapisan warga bisa  menyatu dalam sepiring  kuliner atau secangkir kopi untuk bersilaturahmi. Masalah2 bisa selesai di meja makan.

 

Mengambil tema diplomasi kuliner, The Atjeh Connection hadir di beberapa tempat di DKI. Sang pemilik, Amir Faisal Nek Muhammad sengaja mengambil nama ejaan lama yaitu Atjeh dan dilengkapi logo pria mengenakan “kopiah meukeutob”.

 

Kehadiran The Atjeh Connection Resto & Coffee adalah hobi  bersilaturahim dengan sahabat2 sekaligus mempromosikan kuliner  Aceh di Jakarta. “Saya banyak teman. Kita saling bertemu dan berkomunikasi. Jadi ya sekalian disediakan kulinernya, jadilah resto ini” katanya dari rilis yang diterima Republika.co.id.

 

The Atjeh Connection pertama hadir di Apartemen Slipi, Jakarta (2015).  Agar sajian kulinernya tidak ala kadar, dia mendatangkan koki asal Aceh. Dari Slipi, The Atjeh Connection melebarkan ke Jalan Gajah Mada, Jalan Sabang Menteng , kawasan bisnis SCBD, Sarinah Thamrin, Surabaya Jatim, dan  di Jalan Benhill, Jakarta.

 

“Kami lebih sebagai ruang mempertemukan orang-orang, siapapun dia. Tentu dengan sajian kuliner, yang khas Aceh,” kata Amir Faisal. Restoran ini memang menyajikan menu favorit  kopi sanger, kue ade,mie aceh,ayam tangkap dan sebagainya.

 

Bukan hanya itu, The Atjeh Connection  juga menyajikan menu yang relatif diterima oleh lidah semua pengunjung, seperti lontong sayur, kari kambing, nasi gurih dengan  pelengkap rendang telor balado, sambal, Plik U, Tiram, Kepiting Masak Aceh dan lain-lain.

 

Satu lagi, The Atjeh Connection juga memiliki The Atjeh Connection Foundatioan, lembaga  yang aktif terjun  ke lokasi bencana gempa di Nusa Tenggara Barat,  gempa dan tsunami Palu dan Donggala. Atjeh Connection Foundation adalah salah satu relawan tanggap darurat yang pertama hadir dalam aksi kemanusiaan  di Palu.

 

Selain itu secara rutin melakukan pembagian nasi kotak setiap Jumat kepada kaum dhuafa dengan Tagline “Pastikan Tetanggamu Kenyang”  memfasilitasi pasien-pasien dhuafa dari luar daerah yang berobat ke Jakarta,  memberi beasiswa dan sebagainya.

 

(Ichsan Emrald Alamsyah; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/pw0t7h349/the-atjeh-connection-diplomasi-kuliner-aceh-di-jakarta)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close