Wisata dan Kuliner

Istana Ular Di Desa Galang Wisata Di Manggarai Barat Flores

(detik.travel.community)-FLORES; punya banyak daya tarik wisata salah satunya Istana Ular di kampung Weto, Desa Galang-Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat. Tempat ini habitat ular dan varian ukuran dan panjangnya bisa 3 meter.

 

Corak warna ular juga beragam, misalnya warna hitam, warna hijau, warna putih, belang-belang, warna coklat, merah dan warna ular pada umumnya. Ribuan kelelawar juga mudah ditemukan di dalam goa ini.

 

Hasil pernikahan manusia dan ular

Konon ular yang mendiami goa ini hasil pernikahan manusia (pria) dengan ular (wanita) yang menjelma manusia jadi-jadian. Yang pria bernama Latim dan perempuan Ndasam. Latim  mempersunting si Ndasam sebagai istrinya. Ndasam mengajak si Latim suaminya tinggal di goa. Dalam penglihatan si Latim, goa ini seperti istana yang megah.

 

Lokasi Istana Ular

Jarak dari Kota Labuan Bajo ke Istana Ular 75 km, ditempuh 2 jam bersepeda motor dan 2,5 jam pakai mobil. Dari pusat Desa Galang 3,5 km dan dari kampung Weto ke mulut gua 500 m. Akses masuk ke goa Istana Ular bagus, ada parkiran kendaraan roda-2, roda-4. Pada desa wisata Istana Ular dilengkapi spot foto, toilet, rest area.

 

Sebelum mengeksplorasi di dalam gua. Ada tahapan wajib dilakukan yakni prosesi adat Manggarai, dalam tradisi ini disebut “Teing Tuak”. Ini tanda permisi kita ingin berkunjung dan ular yang mendiami goa ini tidak merasa terganggu  kehadiran kita.

 

Benda untuk prosesi adat “Teing Tuak” adalah telur ayam kampung. Pengunjung dipandu guide lokal yang bernaung di bawah Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Istana Ular. Bila ke Istana Ular, hal utama, niatnya baik dan murni ingin melihat ular serta panorama alamnya. Bila niatnya tidak baik, ular yang ada merasa terganggu dan mereka melihat manusia sebagai pengganggu.

 

Pantangan saat mengunjungi Istana Ular

Ada hal hal yang tak boleh dilakukan saat di Istana Ular. Mulai dilarang mabuk-mabukan, bakar-bakar, dilarang buang sampah sembarangan, dilarang membunyikan racing motor, dilarang membunuh hewan apapun, masuk goa dengan tertib, tidak membawa bawang.

 

Perempuan haid dilarang dan yang hamil sebelum 3 bulan dilarang masuk. Hasil penelusuran, pada hari Selasa dan hari Sabtu ular tidak bisa ditemukan di goa Istana Ular. Walau dengan ritual adat. Di kampung Weto belum disediakan warung modern, tapi ada warung sederhana. Jadi bawa bekal sesuai selera masing-masing.

 

Tiket masuk Istana Ular

Adapun tiket masuk Istana Ular per kepala Rp 5.000. Selain keunikan Istana Ular yang berbau mistis, pemandangan alam dan keramahan warga setempat jadi nilai lebih saat berada di Desa Wisata ini ini.

 

(Artikel ini merupakan kiriman pembaca detikTravel, Yohanes Budiono. Bahan dari : https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5356210/uniknya-istana-ular-di-desa-wisata-galang-manggarai-barat-flores)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close