Wisata dan Kuliner

Diracik Dadakan Hangatnya Wedang Jahe Rempah Ca Mon

(suaramerdeka.com)-YOGYAKARTA; Banyak orang suka minuman satu ini. Trkenal sebagai minuman penghangat tubuh, wedhang jahe dan wedhang rempah seakan jadi cara untuk menghangatkan badan.

 

Wedhang jahe, merupakan hidangan minuman sari jahe tradisional yang kebanyakan dari daerah Jateng dan Jatim dan disajikan hangat atau panas. Wedhang jahe juga kadang disebut teh jahe, meski sama sekali tidak mengandung daun the

 

“Di antara tanaman herbal, jahe itu tanaman populer sebagai obat tradisional dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain menghangatkan, minuman jahe ini bermanfaat lain seperti mengurangi reaksi alergi, menurunkan berat badan, meredakan : Nyeri haid, nyeri otot dan bermanfaat mencegah risiko terkena penyakit jantung,” papar Muhammad Aziz Abdillah, pengelola Warung Ca’Mon.

 

Wedhang rempah merupakan minuman jamu berbahan rempah asli dipadukan serai, secang, jahe, cengkeh, kayu manis, gula jawa dan gula tebu untuk menghangatkan suasana. Wedhang rempah dengan bumbu kaya rempah asli dijamin membantu yang meminumnya apalagi jika meriang atau masuk angin.

 

“Hawa dingin/hujan terus menerus tak cukup teh atau kopi hangat, tapi dengan wedhang rempah,” ungkapnya. Dia dan rekan kerjanya, pria pegawai hotel di Jogja itu menghadirkan menu Wedhang Jahe dan Wedhang Rempah sebagai andalan. Berbeda dengan produk sejenis, wedhang ini diracik dadakan.

 

“Kami membuat dadakan agar dapat aroma dan mutu minuman asli. Konsep seperti baru pertama kali di Jogja,” jelasnya. Aziz, menu wedhang jahe merah dicampur rempah dan gula aren serta madu jadi menu andalan warungnya. Perpaduan  rasa hangatnya jahe, aroma rempah dan manisnya gula aren ditambah madu terasa mantab dan hangat di tenggorokan sampai perut pada tegukan pertama.

 

“Hal itu karena bahan baku diracik dadakan sehingga rasa dan aromanya mantab,” imbuhnya. Aziz  membocorkan tips mengolah wedhang rempah sehingga bisa memunculkan rasa dan aroma yang mantap.

 

“Utama memilih bahan baku jahe segar. Jahe direbus bukan hanya diseduh atau dibakar seperti biasa karena dibakar dapat mengurangi kepekatan dan kadar air dalam jahe. Setelah itu diracik dan ditambah beberapa bahan pelengkap lainnya,” tandas dia.

 

(Bahan dari : https://www.suaramerdeka.com/gayahidup/kuliner/236029-diracik-dadakan-hangatnya-wedhang-jahe-dan-wedhang-rempah-ca-mon)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close