Wisata dan Kuliner

Bali Diusulkan Punya Konsep Wisata Seperti Forbidden City Di Beijing

(travel.detik.com)-JAKARTA; Pemerintah RI berencana membuat wisata ala Forbidden City seperti di Beijing, China. Konsep wisata itu dibangun di Ubud, Bali.

 

“Di Ubud, kami akan membuat tempat, belum disebutkan tempatnya di mana. Kira-kira di Ubud ini hampir sama seperti di Forbidden City, jadi Bali nanti punya seperti itu, terbatas dan segala macam pertunjukan dunia di Ubud,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat konferensi pers akhir tahun di Bali, yang disiarkan virtual kemarin.

 

Rencana membangun konsep wisata ala Forbidden City alias Kota Terlarang di Bali itu untuk memulihkan pariwisata Pulau Dewata. Itu menimbang tuntutan pariwisata yang mengedepankan kualitas ketimbang kuantitas karena pandemi virus Corona.

 

Untuk itu, Ubud akan memiliki konsep seperti Forbidden City bakal memiliki agenda lebih banyak untuk wisata kebudayaan. Sebagai gambaran Forbidden City adalah kompleks istana kekaisaran dan kediaman kaisar China yang rutin menyuguhkan acara budaya.

 

Suharso bilang Bappenas menyiapkan rencana induk (master plan) pembangunan Forbidden City ala Ubud tersebut. Bappenas bekerja sama dengan tokoh adat dan pemda. “Akan ada tempat dibangun seperti forbidden city dan segala macam pertunjukan dunia. Kita sedang bikin master plan-nya” ujarnya.

 

“Mudah-mudahan itu (master plan) bisa kami selesaikan semester I/2021, sehingga kita bisa lihat bentuknya seperti apa” Suharso melanjutkan. Rencana itu diyakini bisa membagi turis di bali tidak hanya menyambangi pantai. selain itu, Bali juga dapat merawat kebudayaan.

 

“Jadi, kita tidak hanya jual pantai dll, tapi kita akan mulai kembali menjual kebudayaan yang lebih terbatas, itu akan kami dorong,” kata Suharso.

 

“Karena kalau kita bisa rawat kebudayaan itu dengan sendirinya pariwisata itu bisa hidup. Jadi saya ingin katakan merawat kebudayaan dengan pariwisata salah satunya di Ubud, Bali tadi semacam quote and quote (tanda petik) Forbidden City,” Suharso menambahkan.

 

(fem/fem; Femi Diah; Bahan dari : https://travel.detik.com/travel-news/d-5313199/bali-diusulkan-punya-konsep-wisata-seperti-forbidden-city-di-beijing )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close