Kesehatan

Masalah Sakit Lutut Pada Lansia Atau Orang Tua

(republika.co.id)-JAKARTA; Pengapuran tulang sering diartikan kalau tulang itu mengeluarkan kapur dan membuat sakit. Padahal, itu istilah yang muncul karena kondisi osteoarthritis.

 

Osteoarthritis adalah kondisi nyeri yang muncul di ujung tulang yang mulai aus, sering terasa di bagian lutut. Kondisi ini berbeda dengan osteoporosis yaitu kondisi tulang yang telah rapuh.

 

“Ini karena nggak ada tulang yang mengisi bagian sendinya, ini juga bisa menyerang di mana saja, termasuk jari tangan,” ujar dokter ahli rehabilitasi medik Prof Dr dr Angela BM Tulaar SpKFR(K) di Jakarta. Masalah osteoarthritis biasanya muncul di usia tua. Makin tambah usia, maka kondisi sendi dan otot akan mengalami penurunan, sehingga terasa nyeri ketika beraktivitas.

 

Menurutnya, osteoarthirits tidak bisa sembuh. Kondisinya bisa lebih menyulitkan ketika tulang rawan tidak ada. Ketika itu terjadi maka dua tulang yang disambungnya akan langsung saling beradu.

 

“Tulang rawan ini bisa diganti dengan plastik atau besi, sehingga tak mengalami sakit yang berlebih saat bergerak,” ujar Angela. Menurutnya, tidak ada obat khusus yang bisa menyembuhkan. Biasanya, orang yang mengalami osteoarthritis akan mendapatkan obat untuk mengurangi nyeri dan radang.

 

Sering kali suplemen yang merangsang pembentukan sel2 tulang rawan bisa diberikan, secara oral atau dioles. Hanya, cara ini bukan berarti bisa mengembalikan kondisi tulang rawan jadi prima dan menghilangkan osteoarthritis. (Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/pxaoos414/mengenal-masalah-sakit-lutut-pada-orang-tua)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close