Kesehatan

Perokok jaman dahulu

Kata beberapa orang pasien yang susah disuruh berhenti merokok?. ” Dok, simbah saya dulu perokok berat, pakai menyan juga, tapi hidupnya bisa sampai 90 lebih? apa rokok masih disalahkan sebagai sebab kematian?” Pertanyaan itu sama halnya seperti pertanyaan yg diajukan anak TK pada gurunya? “Bu guru, boleh tidak kalau aku ngerokok, soalnya ayah dirumah juga ngerokok, kayanya enak banget, walau keliatannya bapak suka batuk2 dan sesak nafas”

Sebagai perokok apakah anda ingin melihat anak anda kelak jadi perokok? anda yakin akan mewarisi usia kakek anda yang dapat mencapai 90-100 tahun. Mungkinkah ? semetara para pendahulu kita memiliki kebiasaan gaya hidup yang berbeda jauh dengan kita di jaman sekarang.

Coba kita perhatikan beda mendasar antara kehidupan kakek dan kita dimasa kini:
1. Orang sekarang bepergian naik motor, mobil, dan angkutan umum. Orang dulu hanya jalan kaki dan bersepeda. Jelas kekuatan dan ketahanan fisik orang jaman duolu lbh bagus dari kita dimasa kini.
2. Orang jaman sekarang banyak makan fast food yg mengandung gula dan garam tinggi, pengawet, dll. Orang dulu lebih banyak konsumsi sayuran alami. Jelas sumber makanan yang bersifat toksik dan karsinogenik lbh banyak yang diserap tubuh kita.
3. Sayuran jaman ini sudah terkontaminasi pestisida. Sayuran jaman dahulu bebas pestisida.
4. Polusi udara dari kendaraan bermotor dan pabrik hari ini sangat membahayakan kesehatan. Jaman dulu udara masih bebas dari polusi karena jumlah kendaraan bermotor dan pabrik sedikit.
5. Jaman sekarang banyak orang mengalami stress pada permasalahan kehidupan dan pekerjaan. Orang jaman dulu lbh santai, dan seolah tidak dikejar-kejar tuntutan materi, yang penting makan ga makan asal kumpul.
6. Tuntutan hidup membuat orang kerja keras tak kenal lelah, kerja lembur tak kenal waktu hingga kurang tidur (istirahat), sementara kebanyakan orang dulu kerja diladang dan jika sudah waktunya istirahat mereka kembali ke rumah.
7. Polusi air dan tanah akibat limbah pabrik dan sampah rumah tangga yang memenuhi sungai dan bumi kita. Bandingkan dengan sungai jaman dahulu yg begitu bersih dan sumber air belum tercemari.
8. Ditemukan berbagai jenis penyakit baru dimasa kini Hiv-aids, flu burung, MERS, dll. Yang dapat menyerang kekebalan tubuh kita yang hidup dimasa sekarang.

Banyak hal yang mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. banyak perubahan yg sudah terjadi pada alam dan kebiasaan gaya hidup kita dimasa sekarang. Begitu pula berbagai jenis penyakit juga berkembang seiring dengan perubahan-perubahan tersebut.
Jangan bandingkan tingkat kekebalan tubuh manusia sekarang lebih baik dari orang jaman dahulu. Apa yang kamu makan, yang kita minum dan hirup saat ini sangat jauh berbeda dengan kebiasaan para pendahulu kita.
Itulah yang mendasari alasan kenapa rokok semakin meningkatkan berbagai faktor kemungkinan kita terserang penyakit-penyakit akibat rokok seperti penyakit jantung, penyakit gangguan saluran pernafasan, stroke, diabetes, hingga penyakit kanker.
Masihkan anda meyakini tubuh anda lebih sehat dari para sepuh anda? Jika iya silahkan lanjutkan merokok, jika sayang dan merasa tubuh anda sudah semakin lemah maka segera tanamkan kesadaran  berhenti merokok mulai dari diri anda dan lingkungan sekitar.

 

Jangan menyalahkan pabrik rokok atau penjual rokoknya. Anak anda adalah cerminan diri anda. Putus generasi merokok dengan memberikan contoh yang baik. Jadilah ayah yang hebat dengan tidak meracuni mereka dengan asap rokok yang anda hirup. (Suhirto M; bahan dari ; dr. Wahyu Triasmara (May 19 2014; https://www.facebook.com/pages/dr-Wahyu-Triasmara-Dokter-Sahabat-Anda/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close