Kesehatan

Rasa nyeri di beberapa bagian tubuh

(1health.id)-Rasa nyeri bisa terjadi di bagian tubuh manapun. Tingkat rasa sakit itu beragam. Saat rasa nyeri yang terjadi masih bisa ditoleransi, umumnya Anda akan mengabaikannya. Padahal rasa nyeri yang terjadi berulang bisa saja jadi gejala awal penyakit serius.

 

Meskipun tak semua rasa nyeri yang terjadi menandakan sebuah penyakit serius, namun tak ada salahnya bila Anda mengetahui beberapa jenis nyeri yang bisa terjadi di tubuh Anda.

 

Nyeri dada
Rasa tidak nyaman / nyeri dada sering dikaitkan gejala pneumonia atau inflamasi paru2 bahkan bisa juga gejala penyakit jantung. Ketidaknyamanan yang berhubungan penyakit jantung biasanya dirasakan di dada kiri atas, menjalar hingga ke bahu kiri, lengan, disertai mual. Nyeri dada, dalam kondisi tubuh yang sedang lemah, ketidaknyamanan juga kerap terjadi di perut sebagai akibat gejala penyakit jantung.

 

Nyeri perut
Mengingat dalam perut banyak organ penting seperti lambung, kandung empedu, usus, hati, dsb, sakit perut tidak bisa dianggap remeh. Apalagi bila rasa nyeri dirasakan tak dapat Anda toleransi dan terjadi dalam jangka lama. Sebaiknya Anda segera hubung dokter bila hal ini terjadi. Nyeri perut bisa jadi pertanda masalah pencernaan.

 

Nyeri kepala
Sandra Fryhofer, MD, MACP dari American College of Physicians mengatakan rasa sakit atau nyeri kepala bisa jadi gejala perdarahan otak atau tumor otak jika sakit kepala itu berlangsung lama dan makin parah. Jika nyeri kepala ringan bisa terjadi lantaran terlalu lama terpapar gawai.

 

Nyeri betis
Nyeri pada betis bisa disebabkan Deep Vein Thrombosis (DVT) yaitu darah beku di pembuluh darah betis. Jangan abaikan pembekuan pembuluh darah pada betis sebab bekuan darah itu jika terlepas dan terbawa menuju paru bisa berujung pada kematian.

Rasa nyeri terbakar di kaki

Pasien diabetes tidak sadar dirinya mengidap penyakit diabetes sebelum mengalami gejala seperti peripheral neuropathy. Peripheral neuropathy itu gejala awal diabetes. Peripheral neuropathy biasanya ditandai rasa sakit seperti terbakar dan ditusuk jarum pada bagian kaki dan tungkai. Rasa nyeri ini muncul sebagai gejala terjadinya kerusakan saraf. (Article By Rianti Fajar; Bahan dari : http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-arti-rasa-nyeri-di-beberapa-bagian-tubuh.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close