Kesehatan

Diare yang diabaikan menyebaabkan tubuh dehidrasi

Selama musim hujan, banyak yang menderita diare karena salah makan. Gejalanya jangan diabaikan karena memicu komplikasi lain. Masalah diare tersering disebabkan terkontaminasi bakteri. Anda harus benar2 menjaga pola makan yang sehat, jangan sampai tidak terkontrol.

 

Selain karena bakteri, diare juga dapat terjadi karena alergi makanan. Penderitanya mengalami intoleran laktosa yang umum dialami anak-anak. Bila sudah muncul gejalanya, diare harus segera ditangani. Adapun gejalanya mudah dikenali, seperti buang air besar encer, perut terasa mulas, demam. tinja berdarah, perut kembung, atau bahkan mual.

 

Diare bisa sebabkan dehidrasi, yang mengancam jiwa jika tidak diobati. Dehidrasi berbahaya pada anak2 , orang dewasa yang lebih tua dan orang2 dengan sistem kekebalan lemah. Indikasinya termasuk haus berlebihan, mulut kering, kelelahan, pusing dan urin berwarna gelap. Pada anak2, diare menyebabkan dia rewel yang membuat orangtua gelisah.

 

Anda dapat melakukan cara2 pencegahannya. Mulai dari konsumsi makanan higienis, rajin cuci tangan pakai sabun, hingga minum air rebusan agar tidak terkontaminasi bakteri. Demikian dilansir Mayoclinic, 20/2/2017.  (hel; Dewi Kania; http://lifestyle.okezone.com/read/2017/02/18/481/1622016/gejala-diare-yang-diabaikan-sebabkan-tubuh-dehidrasi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close