Kesehatan

Mengobati Sakit Gigi Alami Sebelum Ke Dokter

(health.detik.com)-JAKARTA; Tiap orang biasanya berpengalaman lebih dari 1x Sakit Gigi. Rasa nyut-nyutan sangat mengganggu dan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari.

Sakit gigi kadang tak bisa langsung keyy dokter. Di saat ini mengobati sakit gigi alami dan obat-obatan darurat untuk meringankan rasa nyeri dan nyut-nyutan. Berikut 10 cara mengobati yang alami dan ampuh sebelum pergi ke dokter:

1-Kompres es

Pertma gunakan kompres es. Caranya, es dibungkus handuk dan disentuhkan di bagian yang membengkak akibat sakit gigi biasanya wajah/rahang. Kompres 15-20 menit biasanya meringankan nyeri saat sakit gigi.

Lanjut ke dokter gigi untuk pemeriksaan. Bengkak biasanya karena luka, kantung nanah, atau masalah akar. Ini berisiko infeksi serius yang menyebar ke gigi lain, jika tidak diperiksakan ke dokter gigi secepatnya.

2-Mengangkat kepala

Ada kasus, angkat kepala efektif untuk mengobati sakit gigi yang ampuh. Biasanya diterapkan saat sakit gigi menyerang di malam hari hingga tidak bisa tidur.

Gunakan bantal tambahan saat istirahat malam. Kepala terangkat mencegah peningkatan tekanan akibat darah yang mengalir ke area mulut dan kepala. Hasilnya rasa sakit lebih ringan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi pembengkakan. Saat nyeri berkurang, segera ke dokter.

3-Kumur air garam

Air garam untuk kumur juga mengobati Sakit Gigi darurat. Bahan anti bakteri alami ini mengurangi reaksi radang. Air garam juga disinfektan alami yang membersihkan gigi dari sisa makanan.

Larutkan setengah sendok teh garam ke segelas air biasa/hangat. Larutan itu untuk obat kumur saat sakit gigi. Seperti metode lain, segera ke dokter jika sakit gigi terasa lebih baik usai kumur dengan air garam.

3-Kantong teh peppermint

Peppermint mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti oksidan. Mentol juga memberi efek dingin yang meringankan rasa nyeri, sehingga cocok untuk mengobati sakit gigi.

Gunakan kantong teh peppermint yang sempat digunakan. Suhu kantong teh jangan terlalu panas sebelum diaplikasikan pada gigi yang sakit. Cara lain gunakan kantong teh peppermint yang telah di  freezer. Suhu dingin meredakan rasa nyeri saat sakit gigi sebelum berkonsultasi ke dokter.

5-Minyak cengkeh

Senyawa eugenol dalam minyak cengkeh  efektif mengobati Sakit gigi. Sebagai antiseptik alami, eugenol  menekan risiko peradangan ketika terjadi gangguan dalam rongga mulut.

Teteskan pada kapas dan disentuhkan ke bagian yang sakit. Dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit berkurang. Cara lain larutkan minyak cengkeh ke segelas air untuk kumur. Minyak ini tidak untuk anak karena berisiko menelan terlalu banyak.

6-Bawang putih

Bawang biasa digunakan sebagai obat sakit gigi. Senyawa allicin dalam bawang putih berefek anti bakteri yang  kuat. Allicin membantu mengurangi bakteri dalam mulut.

Anti bakteri juga menekan risiko plak gigi. Caranya bawah putih dihancurkan jadi pasta. Campurkan bawang putih dengan garam dan aplikasikan pada gigi yang sakit. Cara lain bawang putih segar dikunyah untuk meredakan sakit gigi. Bawang putih mungkin tidak cocok untuk semua orang karena aromanya kuat.

7-Daun jambu biji

Daun jambu biji bersifat anti radang dan anti mikroba membantu menyembuhkan luka serta meringankan Sakit gigi. Caranya, daun jambu biji dikunyah. Sebelumnya pilih yang lunak dan sudah dicuci bersih.

Cara lain rebus daun jambu dan gunakan untuk kumur. Daun ini efektif sebagai obat jangka pendek dengan efek cepat. Setelah sakit lebih ringan segeralah ke dokter.

8-Bawang merah

Bawang merah alternatif bagi yang tak suka bawang putih. Senyawa anti mikroba dan anti septik dalam bawang merah membantu mengendalikan rasa nyeri.

Bisa langsung dikunyah untuk meredakan rasa sakit. Cara lain haluskan bawang merah dan tempelkan ke bagian yang sakit. Saat sakit gigi sudah reda segera ke dokter.

9-Cuka apel

Cuka apel adalah disinfektan alami yang membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kandungan asam dalam cuka apel juga mampu mengendalikan bakteri dalam rongga mulut. Manfaat inilah yang menyebabkan cuka apel menjadi alternatif cara mengobati Sakit gigi.

Larutkan dalam segelas air dan dikumur. Cara lain, teteskana dalam gulungan kapas kecil dan ditempelkan ke bagian yang sakit. Dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit terasa lebih ringan.

10-Jahe

Kandungan antibiotiknya meredakan  nyeri. Jahe selain mengobati gigi, juga ketika perut tidak nyaman. Untuk sakit gigi, jahe  digeprek dan ditempelkan ke bagian yang sakit. Lakukan beberapa kali hingga kondisi terasa lebih baik dan segera ke dokter gigi.

11-Thyme

Thyme, tumbuhan aromatik dari mint family. Minyak esensial dalam thyme berefek antiseptic dan anti jamur bisa meredakan nyeri gigi. Daun thyme kerap untuk membantu menyembuhkan penyakit infeksi yang menyerang paru misal bronkitis.

Untuk Sakit gigi, minyak thyme dilarutkan ke segelas air jadi obat kumur. Cara lain teteskan minyak thyme dalam kapas, dan aplikasikan pada bagian yang sakit. Setelah diulang ulang, nyeri nya terasa lebih ringan.

12-Lidah buaya

Gel lidah buaya mampu menyembuhkan luka bakar ringan dan uuntuk nyeri gigi. Lidah buaya berefek anti bakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi. Gel lidah buaya langsung diaplikasikan pada gigi yang sakit dan dipijat perlahan hingga rasa sakit berkurang. Dan segera ke dokter gigi.

(row/erd; Roshma Widiyani;  Bahan dari  : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4982388/12-cara-mengobati-sakit-gigi-alami-dan-ampuh-sebelum-ke-dokter)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close