Kesehatan

Makanan sehat bisa menjadi racun

KOMPAS.com-Saat dikonsumsi berjumlah cukup, makanan sehat tak hanya memberi Anda tenaga, namun nutrisi yang dibutuhkan agar tetap bugar, termasuk menjaga berat badan sehat. Namun, beberapa kandungannya bisa berubah jadi racun bila dikonsumsi terlalu banyak

 

Bayam, bit, dan lobak

Masing2 dari sayuran ini merupakan pembangkit tenaga dengan segudang gizi. Khasiatnya bagi kesehatan, tak perlu ditanya lagi. Namun, baik itu bit, bayam, dan lobak tinggi senyawa alami yang disebut oksalat.

 

Oksalat bekerja sebagai prebiotik untuk memberi makan bakteri sehat dalam usus. Tapi jika Anda rentan mengalami batu ginjal, makan terlalu banyak oksalat bisa merugikan kesehatan.

 

“Ginjal seharusnya menyaring senyawa ini dan membuangnya. Tapi untuk seseorang yang rentan terhadap batu ginjal, ginjal akan lebih sulit untuk mengolahnya, yang dapat menyebabkan penumpukan dan pembentukan batu ginjal,” kata kata ahli diet Jessica Cording.

 

Untuk kasus ginjal ini, yang terbaik ialah menghindari makanan yang tinggi oksalat sama sekali. Ahli gizi dapat membantu Anda menemukan alternatif yang lebih rendah oksalat, seperti kubis atau kembang kol.

 

Beras merah

Karbohidrat kompleks ini identik dengan gaya hidup sehat. Tetapi, beras mudah menyerap arsenik dari dalam tanah dan air. Dan beras merah dan cokelat cenderung menyerap lebih banyak logam berat ketimbang jenis beras lainnya.

 

Arsenik merupakan karsinogen-zat pemicu kanker- saat ini tidak ada batas aman konsumsi arsenik dalam makanan. Namun para ahli, termasuk mereka yang tergabung dalam Environmental Working Group, setuju bahwa Anda tidak perlu menghindari nasi merah atau cokelat dari diet Anda sepenuhnya.

 

“Jika Anda biasa mengonsumsi beras tersebut setiap hari, cobalah untuk divariasikan dengan quinoa, farro, atau millet,” kata Cording.

 

Ini termasuk mengonsumsi makanan kemasan yang mengandung bahan beras seperti sirup beras merah (sering digunakan mempermanis sereal atau granola bar). Lebih baik memakannya sekali2 ketimbang tiap hari. (Bestari Kumala Dewi; Prevention.com; dan; http://health.kompas.com/read/2016/06/06/140500423/makanan.sehat.pun.bisa.jadi.racun)-FatchurR

———-

 

Sajian lainnya : Bell’spalsy
Ada seseorang merasakan hidupnya sehat2, tapi tiba2 di suatu pagi, pas bangun tidur, mendadak dia merasa mukanya nggak bs bergerak sm sekali. Dia pikir kena stroke ringan, tp stlh diperiksa Gula darah, kolesterol & tekanan darah jg normal & setelah didiagnosa lebih lanjut dia kena serangan BELL’SPALSY

Penyebabnya adalah : ANGIN DINGIN, Ternyata dia tidak sadar kalau dia sering terkena angin AC di kantornya & dia juga sering mengarahkan AC di mobilnya kearah badan & mukanya. Hal ini adalah penyebabnya, meski dia nggak merokok, minum alkohol, dan dia selalu hidup sehat.

 

Alhasil, separo muka dia nggak bisa b’gerak. Dia nggak bisa senyum, matanya yg kanan nggak bs berkedip & bahkan lidahnya nggak bisa gerak ke sebelah kanan. Hal ini disebabkan krn PERADANGAN SARAF ke-7, yg letaknya ada di BELAKANG TELINGA sampai ke LEHER kita.

 

Makanya mulailah lindungi leher anda dengan syal atau jangan duduk di spot yg kena langsung angin AC. Jangan arahkan semburan angin AC ke tubuh dan muka kita. BELL’S PALSYDisease ini bisa menyebabkan angin duduk/masuk angin ke jantung (akibat lainnya bisa mendadak meninggal) atau kena paru2 basah dll. ( Djohan Noor; dari grup WA-78; sumber  http://ayobagikanlah.blogspot.co.id/2016/02/bahaya-jika-terlalu-sering-terkena.html)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close