Islam

Masjid paling selatan di Bumi

Invercargill-Tahukah Anda, masjid bagian paling selatan Bumi ada di Selandia Baru. Inilah Southland Muslim Association, nama komunitas Muslim sekaligus masjid yang dekat dengan Kutub Selatan yaitu di Kota Invercargill.

Kota Invercargill ini berada di bagian paling selatan dari South Island dekat dengan Lingkar Antartika. Karena dekat Kutub Selatan, suhu terhangat kisaran 15 derajat Celcius. Dari Kota Wellington, butuh 2 jam naik pesawat ke sana. Kota Invercargill dihuni 50 ribu penduduk. Rata2 bekerja sebagai nelayan, bertani atau berkebun.

Dari informasi yang dikumpulkan detikTravel (6/6/16) Islam masuk ke Invercargill 1980-an. Para imigran dari Iran, Pakistan, Bangladesh dan Malaysia yang mengadu nasib ke sana bekerja. Mereka membentuk komunitas dan pelan-pelan membangun Southland Muslim Association di awal tahun 2008.

 

Masjid paling selatan di Bumi-Southland Muslim-2Jumlah umat Muslim di Kota Invercargill, hanya kisaran ribuan orang saja. Tapi, itu tak membuat mereka patah arang untuk saling bersilaturahmi dan beribadah. Lambat laun, mereka membutuhkan masjid sebagai tempat ibadah yang mampu menampung banyak orang.

Kemudian di akhir tahun 2008, barulah didirikan semacam masjid yang namanya mirip komunitasnya, Southland Muslim Association. Beralamat di 31 FairView Avenue, Invercargill, 9810, Southland Muslim Association diklaim sebagai masjid di bagian paling selatan Bumi!

 

Umat Muslim di sana mendapat bantuan dari Federation of Islamic Associations of New Zealand (FIANZ) yang memayungi tiap komunitas Muslim di Selandia Baru. Masjidnya tampak luar terlihat seperti rumah, tanpa adanya menara atau kubah di atasnya.

Dilihat dari situs resmi Southland Muslim Association, masjid itu hanya memiliki satu lantai yang terbagi dalam beberapa ruangan. Ada ruang perpustakaan, dapur, tempat salat pria dan wanita yang dipisah dan tempat untuk belajar anak-anak kecil.

Hingga kini, kegiatan keagamaan baik untuk ibadah salat sehari-hari seperti salat Jumat, pengajian dan dakwah digelar di Southland Muslim Association. Di bulan Ramadan ini, masjidnya tentu lebih ramai jamaah untuk melangsungkan ibadah sekaligus berbuka puasa.

 

Di bulan Ramadan tahun ini yang jatuh pada bulan Juni, jadwal imsak di sana adalah pada 06.43 dan waktu maghrib pada pukul 17.10. Ketika di musim dingin, seperti di bulan Desember meraka dapat berpuasa lebih lama dengan waktu imsak di pukul 03.45 dan maghrib di pukul 21.42.

Saat bulan Ramadan, umat Muslim di kota-kota sekitar Invercargill juga turut datang ke Southland Muslim Association. Menariknya, masjid ini juga buka 24 jam untuk mereka yang bukan Muslim dan mau melihat kehidupan Muslim dari dekat.

Southland Muslim Association berbeda tampilannya dengan masjid2 umumnya. Jika berkesempatan bertualang ke Selandia Baru, sempatkan mampir ke ‘Rumah Allah’ ini. (Afif Farhan – detikTravel dan

http://travel.detik.com/read/2016/06/06/121505/3226251/1520/inilah-masjid-paling-selatan-di-bumi?utm_source=Travel&utm_medium=Msite&utm_campaign=ShareWhatsapp)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close