Kesehatan

Kacang itu bisa jadi pengganti daging

KOMPAS.com – Penganut pola makan vegetarian sering cari info makanan pengganti sumber protein, seperti daging. Jawabannya : kacang2an. Seperti daging merah, kacang2an kaya protein dan nutrisi penting pembuat kenyang. Tim peneliti menanyai 28 partisipan, mencoba 2 menu makan siang berbeda. Pertama meatloaf (olahan daging cincang gulung) dari daging. Yang kedua dari kacang.

Meatloaf daging mengandung 26 gram protein dan 3 gram serat. Versi kacang memberi 17 gram protein dan 12 gram serat. Kedua versi meatloaf ini memiliki jumlah kalori dan lemak yang sama. Setelah 3 jam makan, para partisipan mengatakan nafsu makan mereka sama.

Protein adalah zat gizi penting menjaga otot dan tulang, memiliki sistem imun sehat, dan mencegah kelelahan. Tetapi pilihan protein bukan hanya daging. Mengubah protein berbasis daging dengan kacang-kacangan ternyata memiliki efek yang sama.

The American dietetic Association juga mengelompokkan kacang-kacangan sebagai pilihan makanan sehat untuk penurunan berat badan. Bahkan mengasup 3 cangkir kacang setiap minggu bisa menurunkan risiko penyakit kronik seperti obesitas, kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Sebaliknya, terlalu banyak mengasup daging merah berdampak merugikan. Daging merah yang diproses, seperti sosis dan bacon, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Meski begitu, tidak semua protein sama. Protein terbentuk dari asam amino yang dibuat tubuh dengan dua cara. Bisa dari tubuh atau dari makanan. Beberapa jenis asam amino esensial harus didapatkan dari makanan, dan protein hewani memiliki kandungan asam amino yang lengkap yang diperlukan tubuh.

Protein nabati seringkali tidak memiliki satu atau lebih asam amino esensial, itu sebabnya total mengubah asupan protein hewani menjadi nabati bisa menyulitkan. Untuk itu dianjurkan mengasup beragam jenis protein nabati.

Selain protein, kacang kaya serat, membantu menekan rasa lapar dengan membuat proses pencernaan lebih lambat. Serat berperan penting engontrol kadar gula darah. (Lucia Kus Anna; Medical Daily; http://health.kompas.com/read/2015/09/21/121900423/Kacang.Bisa.Jadi.Pengganti.Daging)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close