Kesehatan

Sehat, Mandi Pakai Gayung

Bersyukurlah saat ini bagi sobat yang sering mandi pakai gayung. Ternyata menggunakan gayung lebih sehat dari pada mandi dengan shower. Sebuah riset yang mengatakan bahwa shower yang kotor dapat memicu masalah kesehatan berbahaya. Bakteri yang ada pada shower bisa menyebabkan infeksi paru-paru yang sulit disembuhkan.

 

Yang harus diperhatikan, bakteri bernama nontuberculous mycobacteria (NTM) ini lebih banyak menyerang wanita. Bakteri ini sering ditemukan pada bagian kepala shower hingga selangnya. Penelitian ini ditulis dalam American Journal of Respiratory and Critical Care, dilansir oleh Newsmaxhealth.

“Kebanyakan dari kita menghirup bakteri ini sepanjang waktu, namun tidak memiliki masalah apapun. Namun pada orang yang lebih rentan, biasanya muncul masalah yang cukup berbahaya,” ujar Dr. Michael Iseman. Sekali seseorang terkena infeksi NTM, maka penyembuhannya bisa sangat sulit dan memerlukan waktu yang sangat lama. Setidaknya waktu penyembuhan adalah 18 bulan. Bahkan bisa dilakukan operasi untuk mengeluarkan bagian yang bermasalah di paru-paru.

Cara menghindari infeksi NTM
Selalu bersihkan shower, mulai dari bagian kepala dan selang secara terartur. Anda bisa menggunakan pembersih khusus atau memakai cuka. Sebisa mungkin mandi dengan gayung saja ketimbang shower. Gunakan masker jika Anda sedang berkebun atau mengolah tanah, hal ini bisa menghindari risiko terinfeksi NTM dari tanah.

(Suhirto M; http://www.unikbaca.com/2013/10/mandi-pakai-gayung-lebih-sehat.html)-FR

—————–

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close