YAKESTEL DAN OLAH RAGA

P2Tel Bandung Timur Bersenam KJS Di Metro Margahayu Raya

Klub Jantung Sehat (KJS) Metro P2Tel Cabang Bandung Timur melaksanakan senam di Lapangan Taman Saturnus Margahayu Raya diikuti oleh 80 orang / peserta. Senam KJS ini dimulai pkl 07.00-08.00 wib dan rutin dilaksanakan hari Sabtu

 

Senam KJS itu dan semua senam lain adalah bagian dari menuju Lansia sehat (lebih sehat tanpa obat). Monggo disimak sajian berikut dari suatu sumber :

 

(hellosehat.com)-Tingkat kesehatan tiap orang pasti berbeda. Ada yang tetap terlihat sehat sampai Lansia, namun ada juga yang menderita penyakit kronis di usia muda. Kesehatan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti pola hidup, lingkungan, dan genetik.

 

Sehingga, jika Anda ingin sehat sampai tua, Anda perlu kontrol tiap faktor itu (kecuali faktor genetik yang tidak bisa dikontrol). Bagaimana cara agar jadi lansia sehat?

 

Makin tua berisiko terkena penyakit

Banyak penyakit yang bermunculan diusia Anda semakin tua, seperti Diabetes, Demensia, Penyakit Paru Obstruktif Kronik, Osteoartritis, dan lainnya. Usia salah satu faktor risiko dari berbagai penyakit.

 

Menurut WHO, penuaan itu dampak penumpukan dari berbagai kerusakan molekuler dan seluler dari waktu ke waktu. Sehingga, hal ini menyebabkan penurunan kapasitas fisik dan mental, meningkatkan risiko penyakit, dan berujung pada kematian.

 

Namun, perubahan yang terjadi ini tidak bersifat tetap dan bisa bervariasi antar individu. Hal ini karena penuaan banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah perilaku hidup sehat yang Anda terapkan sejak usia muda.

 

Bisakah jadi Lansia sehat?

Kesehatan ittu investasi, harus kita jaga sejak awal. Penyakit kronis terjadi di usia tua karena kebiasaan buruk bertahun-tahun, pola makan buruk misalnya. Untuk itu, mulailah ubah pola hidup Anda lebih sehat sejak usia muda atau mulai sekarang. Hal yang bisa Anda lakukan untuk jadi lansia sehat adalah:

 

1-Aktif secara fisik

Aktif fisik bermanfaat untuk sehat jantung dan metabolisme tubuh. Aktif secara fisik juga  membantu mengontrol berat badan dan mencegah penyakit kronis. Aktivitas fisik yang melatih kekuatan, keseimbangan, kelenturan, dan aerobik perlu dilakukan lansia untuk mendukung kesehatan.

 

Berlatih kekuatan meningkatkan kekuatan, daya tahan otot dan menghambat penurunan kekuatan otot. Aktivitas fisik yang melatih kelenturan melenturkan persendian sehingga membuat Anda lebih bebas bergerak. Aktivitas fisik yang melatih keseimbangan meningkatkan stabilitas sehingga mengurangi risiko Anda terjatuh. Aerobik (seperti berjalan) meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

 

Kurangi menonton TV atau duduk santai lama. Hal ini membuat Anda malas bergerak sehingga membuat Anda kurang aktif. Akhirnya, hal ini menyebabkan Anda obesitas, dan obesitas itu faktor risiko untuk penyakit kronis.

 

2-Menerapkan pola makan sehat

Penyakit kronis biasanya karena pola makan yang tidak sehat. Misalnya, sering makan makanan manis lama-kelamaan menyebabkan seseorang diabetes. Atau, sering makan makanan mengandung garam dan lemak tinggi menyebabkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi.

 

Pilih makanan kaya gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan terhindar dari penyakit. Tingkatkan asupan sayur dan buah-buahan, makanan sumber protein, vitamin B12, asam folat, seng, dan kalsium. Ganti asupan lemak jenuh dengan lemak sehat, seperti lemak tak jenuh dari alpukat, minyak zaitun, minyak kanola, dan kacang-kacangan.

 

Kurangi kebiasaan makan yang buruk, seperti kurangi konsumsi makanan ringan (terutama makanan manis), makanan padat energi, dan minuman ringan. Makanan dan minuman tersebut hanya akan menambah asupan kalori Anda tanpa memberi banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Kebiasaan buruk lainnya, seperti merokok dan minuman beralkohol juga harus Anda hindari.

 

3-Jaga berat badan

Menjaga berat badan termasuk salah satu yang penting dilakukan agar terhindar dari penyakit kronis. Berat badan dipengaruhi pola makan dan aktivitas fisik, untuk itu Anda perlu memerhatikan kedua hal itu.

 

Lansia tidak harus menurunkan berat badannya, namun sebaiknya lebih fokus mencegah kenaikan berat badan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia sehingga bisa menjadi lansia sehat.

 

(Bahan kiriman dari Harjanto; P2Tel Bandung Timur; sumber dari : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bagaimana-bisa-menjadi-lansia-sehat/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close