Opini dan sukses bisnis

Tips Memulai Usaha Khusus Ibu Rumah Tangga

(entrepreneur.bisnis.com)-JAKARTA; Jadi ibu rumah tangga dengan segudang urusan domestik bukan berarti berhenti jadi produktif. Di era teknologi dan medsos saat ini, mendulang rupiah dari rumah jadi jamak dan bukan barang baru.

 

Bingung hendak memulai darinya? Angelina Gustiana memulai usaha pakaian trendi untuk hewan peliharaan dari hobinya mengoleksi busana untuk 16 anjingnya. Angel awalnya saat berlibur ia kerap memborong banyak pakaian untuk belasan hewan peliharaannya di rumah. Selain anjing, ibu satu anak ini juga memelihara kucing.

 

Berangkat dari kesenangan itu, dia mulai mengimpor busana2 trendi untuk anjing, kucing dan menjadi reseller. Mulai menekuni usaha sejak 2016, kini melalui platform Pet Glamour Boutique, Angelina bisa meraup omset Rp70 juta – Rp120 juta tiap bulan.

 

“Ketika coba saya coba jual kembali, ternyata responnya oke, banyak juga yang suka, akhirnya saya teruskan,” kata Angel saat berbincang dengan Bisnis belum lama ini.

 

Bahkan dia kewalahan di awal2 membuka usaha dalam menghadapi permintaan yang tinggi. Perlahan, seiring permintaan yang bertambah, modal tumbuh dan usahanya jadi semakin besar. Hingga akhirnya, selain mengimpor, Angel mendesain dan memproduksi sendiri busana hewan peliharaan.

 

Namun, ada tantangan tersendiri bagi Angel yang baru memiliki bayi. Karena tidak menyewa bantuan pengasuh, praktis dia harus membagi waktu antara mengurus rumah tangga dan mengurus usahanya.

 

Dia membagi waktu agar semua kesibukan itu dapat porsi yang sesuai adalah tantangan utama saat dia memutuskan untuk memulai usaha. Saat ini pekerjaan mendesain dan membuat baju hewan peliharaan dikerjakannya saat malam hari ketika anak terlelap. “Awal2 yang sulit itu mengatur waktunya,” ujarnya.

 

Diane Marlina, ibu rumah tangga pemilik usaha kue Little Kenzie Cake mulai usaha, terdorong kesedihan yang dialami usai kehilangan buah hati di kandungan usia 9 bulan. Mengalihkan kesedihan kehilangan calon anak pertama ini, Diane didorong sang suami ikut kursus menghias kue dengan fondant.

 

Hasil kue dari kursus itu dia unggah di akun FB miliknya dan langsung ada yang pesan. Hingga kini, Diane masih menjalankan usahnya secara online dan belum memiliki toko. Dia dibantu seorang asisten dengan omzet Rp5 juta hingga Rp6 juta per bulan.

 

“Modal usaha bisa dicari, modal nekat yang susah,” kata Diane. (Reni Lestari; Editor : Mia Chitra Dinisari; Bahan dari : https://entrepreneur.bisnis.com/read/20190214/88/888523/tips-memulai-usaha-bagi-ibu-rumah-tangga)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close