RSS Feed     Twitter     Facebook

KJS P2TEL Senam Halaman Kantor Witel Lampung 21-09-19

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 1 views    Font size:
KJS P2TEL Senam Halaman Kantor Witel Lampung 21-09-19

P2Tel Cabang lampung, gak mau kalah dengan Cabang lain. Cabang ini juga rutin berharap lebih sehat tanpa obat. Diantaranya dengan berkegiatan Rutin Senam KJS P2TEL di halaman Kantor Halaman Kantor Witel Lampung. Termasuk pada hari  Sabtu tanggal 21  September 2019

 

Mereka melakukan senam

  1. Senam Tera
  2. Senam SBLI

3.Jantung sehat seri 4

  1. Pendinginan  dan

5-Share Informasi dari Ketua Bpk. Lamuddin Habai.

 

Tapi tahukah Anda apa itu senam Tera ? Yuk kita ikuti sajian dibawah ini dari suatu sumber :

(beritabola.win)-Sejarah Senam Tera

 

Di Indonesia ada jenis senam dikenal bernama senam Tera. Senam ini sedikit asing ditelinga masyarakat karena tidak sepopuler Senam Kesegaran Jasmani. Namun, senam ini telah ada di Indonesia cukup lama.

 

Senam ini salah bentuk latihan fisik dan mental, yakni perpaduan gerakan badan dengan teknik serta irama pernapasan dan ada pemusatan pikiran secara teratur, benar, berkesinambungan, berkelanjutan, dan serasi. Dalam jangka lama, senam ini bermanfaat untuk peningkatan serta pemeliharaan kebugaran,  jasmani dan rohani.

 

Secara resmi pertama kali senam ini berdiri 12/11/1985, dicetuskan WNI keturunan Tionghoa : Bambang Sutomo. Nama Senam Tera ini diadopsi dari nama Senam Terapi. Awalnya, Bambang didesak oleh sang istri untuk mengajarkan 18 jurus Thai Ci dan 25 jurus senam persendian kepada seorang guru piano.

 

Akhirnya Bambang melatih guru piano itu di daerah pesisir pantai Utara Jakarta.  Di pesisir inilah dikenal sebagai tempat asal Senam Tera. Menpora kala itu Abdul Gafur, memberi hasil laporan evaluasi senam Tera pada Tanggal 21/1/1987, oleh Tai Ci Qi Kong kepada Presiden Soeharto. Beliau mengijinkan senam Tera disebarkan ke masyarakat. Hari Senam Tera ini  diperingati tiap tanggal 12/11.

 

Senam Kebugaran Tera berkembang luar biasa, tak hanya menyebar di seantero Nusantara, namun juga ke berbagai negara Asia seperti Malaysia, Beijing,Thailand, Singapura, hingga ke Eropa Utara.

Menpora mengusulkan senam ini diganti namanya : Senam Tera dari kata Terapi agar lebih meng-Indonesia, sebab awalnya senam ini adalah hasil adopsi Senam Tai Chi dari Cina.

 

Tujuan utama dari senam ini yaitu untuk menjaga kebugaran tubuh, namun disamping itu senam ini juga bermanfaat, seperti peregangan otot, menggerakkan sendi-sendi di tubuh, dan merilekskan tubuh.

Senam ini mengutamakan senam pernapasan, yang mana gerakan dalam senam disingkronkan antara pola meridian dengan titik kesehatan dalam tubuh menurut teori Akupuntur. Senam Tera Indonesia kemudian disingkat menjadi STI yang memiliki makna filosofisnya tersendiri :

 

– S (Sehat) Sehat secara jasmani

– T (Tentram) Sehat secara rohani

– I (Indah) Sehat secara hubungan sosial dengan lingkungan

 

(Data dan foto kiriman Harsono SLO; sumber dari : Kang Odon; https://www.beritabola.win/sejarah-pembentukan-senam-tera-indonesia/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code