YAKESTEL DAN OLAH RAGA

P2Tel Bandung Selatan Senam Senam Reboan 23-10-19 Dan Awal Tai Chi

Sebagaimana rutin dilakukan, Senam yang diselenggarakan P2Tel Bandung Selatan, diawali Senam Ling Tien Kung dipandu Pak Susanto mulai Pkl.06.00 s/d Pkl .07.00 jumlah peserta sekitar 9 orang.

 

Selesai Senam LTK dilanjutka dengan Senan terapi senam persendian senam taichi   dan ditutup dengan Senam Maumere yang dipandu  oleh bu Hj.Lili dan H. Tatang. Jumlah yang hadir  mempunyai NIK sebanyak 55 orang.

 

Setiap selesai senam biasa dilakukan peserta saling memijit, memukul kecil2 sekitar bahu dan mengusap ngusap bagian punggung. Kemudian disampaikan informasi2 oleh KPC P2tel Bandung Selatan Bapak. Muchlas. Selanjutnya para peserta menikmati snack yang disediakan pengurus.

 

Tentu Anda ingin mengenal Awal Tai Chi Yaitu Seni Bela Diri China Kuno. Berikut saya cuplik dari sumber ini (kumparan.com)- Taichi dikenal sebagai salah satu seni beladiri China kuno yang terkenal di dunia. Tak sekadar seni bela diri, Taichi ke dalam OR dan tarian yoga.

 

Taichi diperkirakan ada sejak 2000 tahun lalu, seni bela diri ini erat kaitannya dengan ajaran filsafat asal  China kuno. Taichi atau Tai Chi Chuan (Tajiquan) diciptakan biarawan taoisme : Zhang San Feng. Zhang San Feng menemukan gagasan Taichi saat ia menetap di Pegunungan Wudang di Provinsi Hubei, China.

 

Gagasan itu ia dapat setelah menyaksikan perkelahian antara seekor bangau dan ular. Dari perkelahian itu Feng mengamati teknik bertarung kedua binatang dan diadaptasi ke dalam urutan gerakannya dan tercetuslah seni bela diri Tai Chi

 

Menurut legenda lain, Wang murid Zhang San Feng mengunjungi desa Chen. Wang menghina penduduk desa karena memiliki seni bela diri buruk. Para penduduk desa tak terima dan menyerang Wang, meski kalah jumlah, Wang berhasil menang dan jadi guru seni bela diri di seluruh desa

 

Nama Taichi berasal dari istilah filosofis China kuno yang dimuat di Kitab Perubahan yang tertulis 3000 tahun lalu selama Dinasti Zhou (1100-1221 SM). Filosofi Tai Chi yang sederhana dan mendalam dianggap juga gagasan terdiri dari 2 kekuatan saling bertentangan (Yin dan Yang), namun selaras antara satu sama lain untuk menciptakan satu keseluruhan. Tai Chi itu untuk menggambarkan luasnya alam semesta.

 

Tai Chi ada beberapa aliran dan bentuk, salah satu yang populer : Tai Chi Chuan Chen yang diciptakan  Chen Wangting jenderal dari Dinasti Ming. Tai Chi Chuan Chen atau Chen Style itu salah satu dari empat aliran Taichi yaitu Yang Style, Wu Style, Sun Style, Woo Style.

 

Selain 5 aliran di atas, ada banyak lagi aliran Taichi lain yang diperuntukkan bagi para pemula maupun para ahli di seni bela diri ini

 

Taichi dikategorikan Qigong (Chi Kung) atau seni bela diri yang memadukan keterampilan energi dan pernapasan. Meski Taichi awalnya adalah seni bela diri, hari ini Taichi itu bentuk latihan yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

 

Sejak abad ke-19, masyarakat China telah paham manfaat kesehatan yang luar biasa dari Taichi. Hal itu membuat seni bela diri ini dipraktekkan di hampir setiap sudut dunia. Karena ada banyak manfaat yang didapatkan dari seni bela diri ini bagi kesehatan yang dapat memperbaiki kualitas hidup penggunanya.

 

(Data dan Foto kiriman H. Djuhana;  Bahan dari : https://kumparan.com/kumparantravel/mengenal-taichi-seni-bela-diri-china-kuno-yang-penuh-manfaat-1r9EZamFWzW)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close