Wisata dan Kuliner

Penganan Khas Bugis Santapan Spesial Perayaan Hari Sumpah Pemuda

(makassar.sindonews.com)-PARE PARE; Menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda (2/10/19), KNPI Kota Parepare mengagendakan sejumlah kegiatan berbasis kepemudaan dan pelestarian budaya lokal.

Dalam serangkaian kegiatan yang berlangsung mulai 23/10/19, KNPI Parepare menyajikan salah satu penganan tradisional masyarakat Bugis pada pengunjung. Jenis kuliner ini becce’ laung. Cemilan mengenyangkan yang sudah terlupakan, bahkan tidak lagi dikenali oleh generasi muda di era 2000-an.

 

Ketua Panitia, Dina Malia menguraikan, becce laung itu  disajikan untuk dicicipi pengunjung pada 26/10/19 di Taman Mattirotasi, Kota Parepare. Becce laung itu kue tradisional Bugis yang terbuat dari tepung dicampur kelapa muda parut yang digoreng hingga gurih lalu dibubuhi gula pasir.

Secara etimologi, nama kuliner ini terdiri 2 kosakata Bugis : becce sapaan masyarakat untuk perempuan, dan laung berarti lama. Sesuai namanya, penganan ini dibuat perempuan dan disajikan dan dinikmati dalam waktu yang lama, tanpa bahan pengawet. Pada hari yang sama, KNPI juga menggelar sejumlah perlombaan bertajuk permainan tradisional

Accule-culeang toriyolo, seperti mallongga’, maggetta, dan mappadinding. Lomba ini menyasar siswa SD se-Kota Parepare” kata Dina Ketua Panitia, (20/10/19). Selain agenda itu, KNPI menyelenggarakan dialog pemuda bekerja sama dengan Disporapar Parepare yang digelar di Hotel Bukit Kenari (23/10/19).

“Lalu tanggal 25/10/19 diadakan pembukaan, menampilkan tari jeppeng dan seni pencak silat. Pada malam harinya, dilanjutkan lomba orasi ilmiah yang pesertanya berasal dari BEM, OKP dan umum. Sudah ada beberapa yang menyatakan konfirmasi kesediaan ikut,” paparnya.

(man; Darwiaty Dalle; Bahan dari : https://makassar.sindonews.com/read/33308/4/penganan-khas-bugis-jadi-santapan-spesial-perayaan-hari-sumpah-pemuda-1571573420)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close