Kesehatan

Cara Menggunakan Tabir Surya Yang Tepat

 (1health.id)-Kulit, bagian terluas dan terluar pada tubuh manusia. Kulit bermanfaat melindungi tubuh dari berbagai hal negatif dari luar tubuh. Namun, banyak orang yang mengabaikan kesehatan kulit. Padahal kulit yang sehat dapat membuat Anda sehat secara keseluruhan.

 

Salah satu cara yang dapat dilakukan menjaga kesehatan kulit adalah dengan menggunakan tabir surya atau sunblock. Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, tabir surya adalah produk perawatan kulit yang wajib digunakan untuk melindungi kulit dari sengatan matahari.

 

Penggunaan tabir surya harus tepat untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Menurut Edwin Tanihaha, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Siloam Hospitals TB Simatupang, berikut ini beberapa panduan yang sebaiknya Anda lakukan saat menggunakan tabir surya :

 

1-Pilih SPF yang tepat

Untuk wajah, tabir surya yang tepat adalah yang mengandung SPF 15 sampai SPF 30. Untuk bagian tubuh lainnya bisa menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF sampai 50. Wajah sebaiknya tidak menggunakan tabir surya dengan SPF di atas 50 karena dapat membuat wajah berminyak.

 

2-Waktu yang tepat

Tabir surya sebaiknya digunakan 15 sampai 20 menit sebelum Anda terkena sinar matahari. Dan aplikasikan kembali tabir surya setelah dua jam penggunaan. Namun segera aplikasikan kembali bila wajah dan tubuh terkena air atau keringat. Jadi tabir surya harus digunakan berulang bila Anda berada di luar ruangan untuk jangka waktu yang lama.

 

3-Gunakan jenis yang tepat

Jangan gunakan tabir surya wajah untuk tubuh, begitupun sebaliknya. Anda hanya perlu memilih tabir surya SPF di bawah 30 untuk wajah. Sedang untuk tubuh boleh menggunakan tabir surya yang memiliki SPF hingga 50.

 

4-Gunakan saat berjemur

Berjemur memang baik untuk estetika. Tetapi Anda harus mengetahui bahwa kanker kulit banyak diderita oleh orang Eropa karena mereka sering berjemur.

 

Bila Anda memiliki riwayat atau keturunan kanker, maka sebaiknya Anda menghindari berjemur. Tetapi bila Anda tidak memiliki riwayat kanker dalam keluarga, Anda boleh saja berjemur selama menggunakan tabir surya.

 

(Konsultasi : dr. Edwin Tanihaha, SpKK, Dip.AAAM, MH.Kes, FKCCS, Siloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta; Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/begini-cara-menggunakan-tabir-surya-yang-tepat.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close