Wisata dan Kuliner

8 Ikon Kota Malang Wajib Disinggahi(1/2)

(merdeka.com)-MALANG; kota di Jatim dikenal sebagai kota pendidikan. Kerap dijuluki kota bunga pula oleh para pelancong yang mengunjunginya. Saat ini kota Malang jadi tujuan wisata favorit turis-turis lokal dan mancanegara. Khususnya untuk wisata kuliner dan nostalgia.

 

Sejarah pendudukan Belanda di kota ini serta berbagai perkembangan setelahnya menyebabkan kota ini memiliki beberapa ikon yang cukup dikenal dan menjadi ciri khas dari kota Malang. Berikut 8 ikon kota Malang yang mudah dikenali dan wajib disinggahi para pelancong.

 

1-Jalan Ijen

Jalan Ijen, salah satu jalan paling indah dan berkesan bagi semua orang yang pernah melewatinya. Dibangun dalam bentuk boulevard dengan jajaran pohon palem di masing-masing sisi serta taman di bagian tengah membuat jalan ini sangat berbeda dan mudah dikenang.

 

Pada awal pembuatannya, jalan ini disebut lebih indah dari Berlin yang merupakan kota paling modern dan indah masa itu. Ada beberapa titik di sepanjang jalan Ijen yang juga memiliki pemandangan menawan seperti monumen melati, museum Brawijaya, serta gereja Katedral Ijen.

 

2-Alun Alun Malang

Tidak seperti kota lain, Malang memiliki dua alun-alun. Alun-alun pertama berada di depan balaikota dan dikenal sebagai Alun-Alun Tugu, sedangkan yang satu lagi berada di depan masjid Jami’ dan juga merupakan salah satu pusat keramaian di Malang.

 

Lokasi alun-alun ini sebenarnya sudah ramai dan banyak dikunjungi oleh masyarakat sejak zaman dahulu. Namun renovasi beberapa kali menjadikan tugu kebanggaan kota Malang ini semakin molek.

 

3-Alun Alun Tugu

Kerap disebut Alun-Alun Tugu atau Tugu saja oleh pelancong, namun juga disebut Alun-Alun Bundar oleh warga lokal. Inilah ikon kota Malang yang paling sering dipotret.

 

Tugu di kota Malang sebenarnya dikenal sebagai taman sejak masa penjajahan Belanda. Pada masa lalu taman ini dikenal sebagai taman Jan Pieterzoon Coen dan belum memiliki tugu dengan bentuk lilin.

 

Tugu ini merupakan salah satu tugu yang dibangun untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Selain mengandung banyak nilai sejarah, tugu ini juga memiliki pemandangan yang menawan dengan hiasan lampu-lampu dan air mancur di sekitarnya.

 

(Rizky Wahyu Permana; Tantri Setyorin; tsr; Bahan dari : https://www.merdeka.com/gaya/8-ikon-kota-malang-yang-wajib-disinggahi.html)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close