YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Klub KJS P2Tel Banjarmasin Ber-Fun Walk 17-11-19 Dan Kenali Diabetes

Seperti halnya Klub senam binaan Yakes Telkom, maka Klub Jantung Sehat (KJS) P2Tel Cabang Banjarmasin juga melaksanakan Funwalk pada hari Minggu 17/11/2019.

 

Kegiatan ini cukup meriah, kompak dan bersatu untuk menggapai jadi insan yang “STO SEHAT TANPA OBAT”.

 

Disamping itu aktivitas rrutin tri wulanan kali ini mengambil Tema  Hidup sehat tanpa DIABETES, dilanjutkan berolah raga jalan kaki, sekaligus menjalin silaturrahim

 

Pada kesempatan itu juga disampaikan ceramah dari dr.Galih dengan Health Talk berjudul Diabetes.

Tidak ketinggalan setelah ceramah (Health Talk), dilanjutkan makan bersama nasi kuning.

 

Bagi yang lain, mari kita ikuti dan kenali Diabetes dan pencegahannya dari suatu sumber berikut ini :

(lifestyle.kompas.com)-Kadar gula darah sangat tinggi menyebabkan diabetes. Ada 2 tipe diabetes, yakni tipe 1 disebabkan rusaknya pankreas, biasanya terjadi di usia anak-anak dan diabetes tipe 2 yang disebabkan karena gaya hidup tidak sehat.

 

Menurut Asosiasi Diabetes AS, 1 dari 4 orang beresiko diabetes. Kita bisa hindari risiko itu dengan mengubah gaya hidup. Mulailah menghindari 8 hal ini:

 

1-Merokok

Menurut sejumlah studi merokok membuat tubuh lebih kebal terhadap insulin, hormon yang menjaga gula darah tetap normal.

 

2-Stres kronis

Periode emosional dan stres fisik berkepanjangan bisa berakibat kenaikan level gula darah. Menurut Pusat Belajar Diabetes di University of San Fransisco, ketika tubuh merespons stres, gula dilepaskan ke dalam darah membantu agar energi tubuh mencukupi. “Stres membuat gula darah naik dan lebih sulit untuk dikontrol,” tulis organisasi tersebut.

 

3-Pola makan

Konsumsi makanan berkadar gula tinggi, termasuk karbohidrat, berdampak signifikan pada berat badan dan risiko diabetes. Batasi asupan karbohidrat sederhana seperti nasi, mi, atau roti putih, dan gantilah dengan karbohdirat kompleks yang akan dicerna lebih lambat.

 

4-Kurang olahraga

Bagi yang jarang bergerak cenderung tak bisa mengontrol kenaikan gula darahnya. Tipe OR juga sangat berpengaruh. Disarankan menggabungkan OR ketahanan dengan OR resistensi. Olahraga interval intensitas tinggi (HIIT) dinilai bisa mengurangi risiko diabetes yang dialami orang dewasa.

 

5-Kolesterol tinggi

Level kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi memengaruhi gula darah. Level kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) yang rendah juga bisa meningkatkan risiko diabetes. Meski studi melihat hasil sebaliknya. Karena itu, penting melakukan pengecekan kolesterol dan pastikan berpola hidup sehat agar kolesterol tetap pada angka normal.

 

6-Penggunaan obat-obatan rekreasional

The Global Diabetes Community mencatat, stimulasi obat-obatan rekreasional tertentu meningkatkan level gula darah. Jika dikonsumsi rutin, level gula darah yang tinggi bisa menyebabkan resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Amfetamin, komponen MDxx dan obat-obatan ADHD bisa meningkatkan level gula darah dan membuat kita berisiko diabetes tipe 2.

 

7-Pengobatan

Menurut GlobalRPH, steroid, obat anti-adhd, anti-psikotik, beberapa obat asma, dan obat-obatan laina bisa memicu peningkatan gula darah. Namun, obat-obatan itu untuk keperluan kesehatan. Cobalah berkonsultasi dengan dokter dan apoteker untuk informasi lebih lanjut.

 

8-Mengabaikan gejala pre-diabetes

Pre-diabetes dapat didefinisikan sebagai kondisi kadar gula darah cukup tinggi atau di atas normal tetapi tidak menenuhi kriteria diabetes.

 

Meskipun Mayo Clinic menjelaskan minimnya gejala spesifik pre-diabetes, dalam beberapa kasus, yang masuk kategori pre-diabetes dapat mengalami intensitas buang air kecil lebih sering, sering kehausan dan bercak kecokelatan pada kulit. Jika kita rasakan gejala ini, jangan ragu berkonsultasi dengan dokter.

 

Meskipun ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit ini juga disebabkan sejumlah faktor keturunan. Seperti ras, genetik, sejarah keluarga, dan kondisi medis lainnya.

 

(berita dan foto, kiriman Murniansyah Bjm; Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Jauhi 8 Kebiasaan Ini Agar Terhindar dari Diabetes”, Penulis : Nabilla Tashandra; Editor : Lusia Kus Anna; Bahan dari : https://lifestyle.kompas.com/read/2018/10/25/131540820/jauhi-8-kebiasaan-ini-agar-terhindar-dari-diabetes?page=all)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close