Selingan

Di Jepang Toilet Dibuat Bisa Bernyanyi

 (travel.detik.com)-KAWAGUCHIKO; Sebagai negara maju, apa yang tak bisa dimiliki Jepang? Mereka membuat toilet bisa bersenandung karena sifat pemalu orangorangnya. Apa yang traveler bayangkan tentang negara Jepang? Warganya yang bersih dan on time? Negara industri yang maju?

 

Negara dengan ribuan vanding machine? Negara dengan Ztoilet canggih? Itu semua benar. Namun dibalik fakta itu semua, warga Jepang sejatinya punya sifat pemalu. Dapat dilihat dari desain toiletnya yang tak hanya canggih, namun juga bisa bersenandung.

 

detikcom bersama Smartfren datang ke Jepang. Kami singgah diberbagai tempat dan menemukan ada tanda ‘flushing sound’ di salah satu tombol toiletnya. “Orang Jepang sangat pemalu. Makanya di toilet mereka ada fitur ‘flushing sound’ untuk meredam bunyibunyi saat kita buang air besar,” ungkap Andi, guide yang menemani detikcom di Jepang.

Di suatu kesempatan detikcom mencoba pakai fitur flashing sound ini. Bunyinya sungguh riuh seperti robot yang sedang berperang. Dan fitur ini bisa meredam bunyi ‘plungplung’ dan keriuhan saat buang air besar.

Menariknya lagi, detikcom terkejut karena tidak menemukan tempat sampah untuk bekas tisu toilet. Ternyata tisunya langsung dibuang dan dihanyutkan ke toilet.

“Warga Jepang orangnya sangat bersih dan menjaga lingkungan. Tisu toilet mereka pun sudah di desain sedemikian rupa hingga saat di masukan ke toilet, tisu langsung hancur. Makanya mereka tidak butuh tempat sampah tisu toilet,” jelas Andi.

Saat memasuki musim dingin ini, toilet juga menyesuaikan suhu. Dudukan dan airnya terasa hangat. “Pada saat musim dingin dudukan toilet otomatis jadi hangat. Begitu juga dengan air bilasnya,” tutup Andi.

Hal menarik lain yang detikcom temukan adalah adanya huruf braile di setiap fitur toilet. Berarti orang Jepang memikirkan kecanggihan memang untuk semua kalangan.

 

(bnl/bnl; Syanti Mustika;  Bahan dari : https://travel.detik.com/international-destination/d-4814550/jepang-yang-pemalu-toilet-saja-dibuat-bisa-bernyanyi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close