Kesehatan

Hepatitis A Bisa Sembuh Sempurna Asal Dengan Cara Tepat

 (merdeka.com)-Pada penderita penyakit hepatitis A, kondisi kesehatan mereka bisa pulih asal dengan cara tepat. Menurut Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Anung Sugihantono, asalkan dikelola dengan baik orang yang menderita hepatitis A bisa sembuh.

 

“Penderita hepatitis A bisa sembuh sempurna bila dikelola dengan baik, yaitu harus istirahat, mengonsumi makanan cukup, makanan yang dikurangi lemaknya, karena itu akan memperberat fungsi hati, dan memastikan daya tahan tubuh meningkat bisa dengan vitamin dan menurunkan deman dengan obat pereda demam,” kata Anung.

 

Tidak ada obat spesifik, hanya istirahat dan obat yang sudah ada,” sambungnya. Menilik kasus hepatitis A di Pacitan yang mencapai 1.110 kasus, ada beberapa penyebab virus tersebut ditularkan di sana.

 

“Kami lihat ada persoalan sumber air bersih, juga kebiasaan masyarakat dalam mengolah makanan. Ada juga kebiasaan masyarakat mengkonsumsi makan tertentu saat bulan puasa yaitu cincau yang diolah dengan air tidak bersih” kata Anung seperti dikutip rilis Kementerian Kesehatan.

 

Anung juga mengimbau kepada masyarakat terutama orangtua dan guru untuk memastikan anak-anak tidak jajajn sembarangan. “Penularan hepatitis A melalui kotoran dan makanan. Kalau mengkonsumsi makan harus dipastikan makan bersih dan sehat,” tuturnya.

 

Dia juga meminta kepada orang yang akan berkunjung ke daerah yang sedang marak kasus hepatitis A memiliki tubuh fit. “Siapa pun boleh berkunjung ke sana (Pacitan dan Trenggalek) hanya untuk dipastikan kondisi tubuh harus fit,” jelasnya.

 

(Reporter: Benedikta Desideria; Rizky Wahyu Permana; RWP; Bahan dari : Liputan6.com dan https://www.merdeka.com/sehat/pasien-hepatitis-a-bisa-sembuh-secara-sempurna-asal-dengan-cara-tepat.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close