Selingan

Perayaan Natal Di Berbagai Kota Di Indonesia(1/3)

(shopback.co.id)- Natal menjadi momen yang ditunggu umat Kristiani tiap tahunnya. Perayaan Natal yang berdekatan dengan tahun baru juga selalu dirayakan dengan meriah.

 

Bukan hanya pohon dan hiasan Natal saja, berbagai kota di Indonesia merayakan Natal dengan unik. Penasaran bagaimana Natal dirayakan di 8 kota di Indonesia? Yuk kita lihat perayaan unik yang unik dan tidak bisa ditemui di tempat lain.

 

1-Wayang kulit di Yogyakarta

Seperti yang sudah diketahui Yogyakarta adalah salah satu kota seni dan tradisi di Indonesia. Makanya nggak salah di setiap perayaan keagamaan dirayakan dengan seni tradisional.

 

Saat perayaan Natal pastor atupun romo memimpin ibadah Natal dengan menggunakan bahasa Jawa Kromo Inggil. Bukan hanya itu saja biasanya pastor atau romo juga memilih menggunakan pakaian khas Yogyakarta seperti beskap ataupun blangkon.

 

Bukan hanya itu saja biasanya gelaran wayang kulit juga meramaikan Natal. Biasanya wayang kulit ini memiliki jalan cerita dengan tema “Kelahiran Yesus Kristus”.  Selain wayang kulit tradisi lain yang ada di Jogjakarta adalah saling berkunjung ke rumah sanak keluarga selayaknya saat Lebaran.

 

2-Ngejot dan penjor di Bali

Walaupun kebanyakan masyarakat Bali beragam Hindu bukan berarti perayaan Natal dilakukan dengan tidak meriah. Di Bali saat menjelang Natal banyak gereja yang bersolek dengan hiasan penjor khas Bali. Selain penjor masih ada tradisi ngejot selama perayaan Natal.

 

Ngejot adalah tradisi berbagi makanan di masyarakat Bali. Saat Natal tiba biasanya warga nasrani memasak makanan khas Bali dan membagikan makanan tersebut ke tetangga yang beragam Hindu. Dua kebiasaan ini tentu saja bisa menjaga toleransi umat beragam karena mengajarkan saling menghargai.

 

(Bahan dari : https://www.shopback.co.id/blog/perayaan-natal-di-indonesia)-FatchurR * Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close