Selingan

Perayaan Natal Di Berbagai Kota Di Indonesia(3/3)

(shopback.co.id)- 6-Marbinda di Sumatera Utara

Masyarakat Batak di Sumatera Utra merayakan Natal dengan tradisi Marbinda. Tradisi menyembelih hewan bersama-sama di hari Natal ini lah yang membuat Natal di Sumatera Utara terasa spesial.

 

Biasanya hewan yang disembelih adalah hasil kesepakatan menabung bersama antara beberapa orang. Pada hari-H warga Batak yang tinggal di Sumatera Utara ini akan melakukan ‘marhobas’ yang artinya memotong dan membagikan daging hewan yang sudah disembelih.

 

7-Bakar batu di Papua

Perayaan unik lainnya ada di Papua, warga yang selesai beribadah Natal biasanya akan melakukan tradisi bakar batu. Bakar batu ini adalah cara orang Papua untuk memasak saat Natal.

 

Jadi batu yang dibakar ini akan menjadi alat masak saat Natal. Batu ini akan dimasukan ke dalam lubang dan bahan-bahan makanan juga akan dimasukan ke dalamnya. Tradisi bakar batu ini menjadi ajang ungkapan rasa syukur dan kebersamaan warga Papua.

 

8-Lettoan dan Lovely December di Toraja

Acara tahunan Lovely December di Toraja ini juga menjadi rangkaian acara perayaan Natal. Festival tahunan ini adalah festival budaya dan pariwisata yang diadakan di Toraja.

 

Biasanya festival ini dibuka dengan pemotongan kerbau belang pada awal Desember, kemudian dimeriahkan juga dengan berbagai lomba. Fetival tahunan ini ditutip dengan prosesi Lettoan. Prosesi ini adalah proses mengarak babi sebagai simbol tiga dimensi kehidupan manusia.

 

Delapan perayaan Natal yang ada di berbagai daerah ini unik-unik kan. Sama seperti perayaan keagaman lainnya di Indonesia, Natal di berbagai daerah ini juga diikuti dengan perayaan berbau tradisi tradisional.

 

(Bahan dari : https://www.shopback.co.id/blog/perayaan-natal-di-indonesia)-FatchurR * Tamat……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close