Iptek dan Lingk. Hidup

10 Hoaks Paling Berdampak Pada Tahun 2018(2/3)

(cnnindonesia.com)-Hoaks penculikan anak dan kospirasi imunisasi

3-Hoaks penculikan anak

Hoaks penculikan ini beredar di medsos seperti FB, Twitter dan WA. Hal itu meresahkan masyarakat terutama orang tua yang memiliki anak masih kecil. Di Twitter hoaks yang beredar menyatakan pelaku penculikan anak tertangkap di Jalan Kran Kemayoran, Jakpus.


Hal itu dibantah Kapolsek Kemayoran Kompol Saiful Anwar yang mengatakan jika kabar penangkapan pelaku penculikan itu tidak benar. Ia mengatakan jika laki-laki yang ada di video itu seorang tukang parkir yang mengidap gangguan jiwa.



Tidak hanya di Kemayoran, di beberapa daerah juga beredar hoaks serupa dengan tambahan ilustrasi gambar yang bervariasi. Hoaks itu menjadi isu nasional yang sangat mengkhawatirkan dan meresahkan masyarakat.

 

4-Hoaks Konspirasi dan Vaksin

Imunisasi tak jarang ditolak dari beberapa kelompok masyarakat karena ada info yang tidak lengkap dan tidak benar (hoaks). Salah satu hoaks tentang vaksin imunisasi yang viral adalah isu konspirasi penyebaran virus atau penyakit melalui vaksin. Dikabarkan vaksin dalam imunisasi mengandung sel-sel hewan, virus, bakteri, darah, dan nanah.

Isu yang tidak benar itu menimbulkan dampak yang luar biasa terhadap stigma masyarakat Indonesia tentang Imunisasi. Imbasnya masyarakat menjadi ragu bahkan takut untuk memberikan imunisasi pada anak-anak mereka.

 

Hoaks Black Box JT610 Dan Telur Palsu

5-Hoaks Rekaman Black Box Lion Air JT610

Kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan laut Karawang, Jabar (29/10/18) jadi isu yang banyak diperbincangkan di ruang publik dan medsos. Bersamaan juga bermunculan pula isu isu meliputi berita, foto dan video yang disinformasi bahkan hoaks terkait peristiwa jatuhnya pesawat itu.

Kabar hoaks ini menimbulkan spekulasi dan keresahan, mengingat banyaknya korban pada tragedi maut ini. Salah satunya beredar video di platform youtube yang diunggah oleh channel Juragan Batik Reborn pada tanggal 29/10/18 dengan judul “LION AIR JT610 itu Mengerikan Hasil Rekaman BLACK BOX”.

 

Video itu bukan isi rekaman dari blackbox Lion Air JT610 tapi tanggapan seseorang terkait video MAP detik-detik Lion AIr JT610 hilang kontak. Sehingga judul konten tersebut tidak sesuai dengan isinya dapat dikategorikan sebagai konten disinformasi/Hoaks.

Adapun Black box Lion Air JT 610 ditemukan oleh Tim SAR TNI AL yang dipimpin oleh Panglima Komando Armada I Laksamana Muda Yudo Margono. Kotak yang berisi informasi penerbangan ini ditemukan pada kedalaman 30 meter pada Kamis, 01/11/2018 pukul 10.15 WIB.

 

8-Hoaks Telur palsu atau telur plastik
Pada 2018 masyarakat digegerkan dengan berita hoaks  “Telur palsu atau telur plastic” yang beredar di pasar tradisional dan supermarket. Berbagai foto dan video terkait proses pembuatan telur palsu banyak di unggah di youtube dan medsos. Beberapa mengatakan telur-telur itu diproduksi dari Cina.

Masyarakat resah karena telur, makanan sumber energi yang terbanyak dikonsumsi masyarakat. Isu ini merugikan peternak ayam petelur dan para penjual telur. Kementan dan Satgas Pangan Mabes Polri bergerak dan turun ke lapangan guna menyikapi beredarnya berita mengenai telur palsu tersebut yang ternyata hanya hoaks.

 

(age/age; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20181219151638-185-354934/10-hoaks-paling-berdampak-pada-2018)-FatchurR * Bersambung………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close