Aku cinta Indonesia

Kilang TPPI Terbesar Di Indonesia

(beritasatu.com)-JAKARTA; Kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) merupakan salah satu kilang terbesar di Indonesia yang menghasilkan produk aromatik untuk kebutuhan industri dan BBM.

 

Bila berproduksi secara penuh, kilang TPPI ini mampu menghemat devisa US$ 4,9 miliar atau sekitar Rp 56 triliun. Kilang TPPI dibangun sejak lebih dari 2 dekade, namun tersendat karena beberapa masalah.

 

Belakangan setelah diakuisisi, Pertamina berencana membangun TPPI menjadi pabrik petrokimia terpadu yang mampu menghasilkan beragam produk turunan petrokimia dan bahan bakar minyak.

 

Setelah restrukturisasi Pertamina memegang saham mayoritas di TPPI yakni sebesar 51 persen. Sementara 47 persen dipegang pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan. Sedangkan dua persen sisanya dipegang pemilik lama, yakni PT Silakencana Tirtalestari.

 

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan peluang pasar bisnis petrokimia di Iindonesia kini berkisar Rp 40-50 triliun per tahun. Selain itu bisnis petrokimia mempunyai margin lebih tinggi dibanding BBM.

 

(Ahmad Salman;  Bahan dari : BeritaSatu TV dan https://www.beritasatu.com/video-berita/591942/kilang-tppi-salah-satu-terbesar-di-indonesia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close