RSS Feed     Twitter     Facebook

Klub Senam P2Tel Cabang Probolinggo Bergoyang Untuk Sehat

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 21 views    Font size:

Di Tahun baru 2020 Klub Senam P2Tel Cabang Probolinggo kembali menyelenggarakan lagi senam rutin tiap hari Sabtu  tanggal 11 Januari. Kegiatan senam di mulai jam 06.00 pagi.

 

Peserta yang jumlahnya 27 orang pensiunan ini dengan tertib mengikuti irama dari Pelatih (Instruktur), mbak Kanti. Sebagaimana biasa sebelum senam dilakukan pengukuran kesehatan diantaranya yaitu pengukuran Tekanan Darah. Pengukuranbn ini dilakukan sebellum dan sesudah senam.

 

Setelah pengukuran awal, dilanjutkan dengan berdoa. Untuk diketahui bahwa Sabtu pertama ke dua dan ke tiga jenis kegiatannya senam dangdut. Sedangkan Sabtu ke 4 jenis senamnya Ling Tien Kung (LTK) dengan Instrukturnya bapak Masud .

 

Bagi sebagian peserta, Senam Ling Tien Kung ini agak berat diantaranya seperti tangan angkat ke atas kakik di jinjit hitungan 1 sampai 300. Jongkok hitungan 1 hingga 50

 

Juga tangan kanan kiri bukak lebar hitungan 1 sampai 50. Lanjut Lipat pinggang hitungan 1 sampai 30 dan  jalan seperti bebek jongkok hitungan 1 sampai 30. Sebagai gambaran, berikut disajikan kesan dari peserta yang berbeda tentang senam LTK ini dari sumber  berikut :

 

Senam Dengan Gerakan Sederhana Yang Kaya Manfaat :

(jpnn.com)- Senam terapi ini walau terasa agak berat, namun, sejumlah manfaat kesehatan telah dirasakannya. Senam ini sebenarnya tidak melelahkan, tapi menyegarkan,” ungkapnya.

 

Yang pernah melaksanakan umumnya juga cukup tertarik pada setiap gerakan senam. Mereka menganggap tidak terlalu berlebihan. ”Cocok buat yang berusia lanjut. Gerakannya santai, tapi manfaatnya luar biasa”.

 

Gerakan LTK tidak seperti olahraga lain yang membuang energi. Namun, gerakan tersebut merupakan terapi kesehatan yang bisa mengambil energi dari alam dan memicu hormon dalam tubuh. Hormon yang kurang akan bertambah, sedangkan yang berlebihan dikurangi.

 

”Yang punya darah tinggi akan berkurang. Yang darah rendah bisa stabil lagi”. Terapi tersebut bisa digunakan sebagai pengganti obat. Terutama, penyakit-penyakit yang dianggap kronis bisa disembuhkan dengan mengikuti terapi secara teratur. Misalnya, kencing manis dan hipertensi.

 

Terapi LTK, idealnya dilakukan tiga kali dalam seminggu. Namun, jika banyak waktu senggang, dianjurkan untuk melakukan terapi itu sesering-seringnya. ”Bagusnya setiap hari,” tegasnya.

 

(Kiriman Ny. Udah-Probolinggo; Sumber dari din/c5/ady; Bahan : https://www.jpnn.com/news/lien-tien-kung-gerakan-sederhana-yang-kaya-manfaat)-Editor : FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code