Islam

Perayaan 50 Tahun Masjid Pertama Melbourne

(abc.net.au)-Berada di tengah pemukiman warga di kawasan Carlton North, gak jauh dari pusat Kota Melbourne berdiri Masjid lengkap dengan Minaret Putih. Berita ini telah berlalu setahun yang lalu namun ada baiknya Anda ketahui.

 

Masjid Albania dipercaya sebagai masjid pertama yang dibangun di Melbourne oleh migran asal Albania pada pertengahan 1960-an dan dibuka resmi tahun 1969.

 

Desain awal dari bangunan ini berbentuk persegi dengan batu bata berwarna kecokelatan. Sebuah minaret baru ditambah di tahun 1994, setelah dapat izin dari Pengadilan Tinggi Australia.

 

Masjid di Jalan Drummond ini pernah mengalami renovasi besar-besaran tahun 2003 dengan menambah sejumlah fasilitas baru dan mengecat bagian luar gedung dengan warna putih. Seluruh karpet juga diganti menjadi warna merah, seperti warna bendera Albania.

 

Sebagai bagian dari perayaan 50 tahun berdirinya Masjid Albania, yang digelar (17/01/19), adzan dikumandangkan dari minaret dengan pengeras suara untuk pertama kalinya dan bisa terdengar di kawasan Carlton North.

 

Amet Balla, warga Australia berdarah Albania mengaku jadi kehormatan bagi dirinya terpilih mengumandangkan adzan. “Saya sudah menjadi bagian dari masjid sejak kecil dengan datang ke kelas Islam untuk anak-anak,” ujar Amet Balla kepada ABC.

 

AAIS mengatakan kepada ABC sejak pertama kali dibangun, masjid ini tak hanya menjadi pusat kegiatan keagamaan dan budaya Albania. Mereka memberikan bantuan kepada para pendatang baru, termasuk mahasiswa dari negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

 

Dalam 50 tahun terakhir mereka juga melihat jemaah yang datang semakin beragam dan berasal dari berbagai suku bangsa, termasuk donatur.

 

(Erwin Renaldi;  Bahan  dari :  https://www.abc.net.au/indonesian/2019-11-19/perayaan-50-tahun-masjid-pertama-kota-melbourne/11717024)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close