Aku cinta Indonesia

Proyek KA Papua Barat Bakal Dimulai Tahun 2020

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Kemenhub optimis pembangunan proyek infrastruktur Kereta Api di Papua Barat segera dimulai tahun 2020 ini. Kini, studi analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) dan rencana kerja pengadaan tanah dan pemukiman diklaim telah dilaksanakan.

“Tahun ini sebisa mungkin ground breaking (peletakan batu pertama) akan dilaksanakan. Kami terus berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian,” ujar Kepala Bidang Perkeretaapian Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat Max L Sabarofek, dilansir Antara, Senin (6/1).

Pembangunan infrastruktur kereta api akan dimulai dari Sorong. Pada tahap pertama, pembangunan akan terbentang sepanjang 75 Km. “Kami mulai dari Kota Sorong, Kabupaten Sorong, hingga Ayamaru di Kabupaten Maybrat,” imbuh dia.

 

Saat ini, tim survei sudah di lapangan mendata lahan dan bangunan untuk proses pembebasan lahan. Ia berharap ada sharing (berbagi) anggaran antara provinsi, kota/kabupaten, serta pemerintah pusat dalam pembebasan lahan tersebut.

“Tentu membutuhkan anggaran yang tidak sedikit dan kami berharap pembayaran lahan nanti sesuai NJOP (nilai jual obyek pajak),” jelasnya. Secara keseluruhan, jalur kereta api yang akan dibangun dari Sorong menuju Manokwari mencapai 500 Km.

 

(ulf/bir;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200106160435-92-462843/proyek-kereta-api-papua-barat-bakal-dimulai-tahun-ini)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close