YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Prolanis SMSO Buahbatu Tanggal 23-01-20

Hari Kamis tanggal 23 Januari 2020 adalah senam pertama tahun 2020 Senam Prolanis (SMSO/Sehat Manis Sehat Oke) yang berlokasi di Gedung Infomedia (Graha Merah  Putih) Jalan Buah Batu Bandung

Kegiatan yang dimulai jam 08.30 itu diawali registrasi, pengukuran kesehatan meliputi : Lipi, tinggi dan berat badan, gula darah sewaktu serta tekanan darah.

Rombongan Yakes yang  hadir itu dikomandani oleh dr. Catharina Tri Retno (Asisten Manajer Bina Kesehatan Area Jabar, dibantu ibu ibu :  Agung Setia Lestari, Hanida Rahmalia, Lusiana Puspitasari, Sumaryanti dan bapak Fajar Bastaman (tapi saya gak ketemu lho)

Ditambah lagi bintang lainnya : dr. Ikbal Gentar Alam yang aktivitasnya di FKIP / Olah raga, beliau juga seminggu 2x menggawangi Preventive  Center Yakes Telkom Jalan Ciliwung Bandung. Disamping itu hadir pula bapak Sonci Instruktur Senam yang sudah kondang di belantara berbagai event senam Yakes Telkom dan event lainnya.

Sebelum acara health, dr. Catharina membuka kegiataan ini utamanya mengingatkan bahwa kita (peserta Klub Prolanis Buahbatu)  harus ada upaya memperbaiki kondisi kesehatan karena dibanding dengan peserta Senam Preventive Center (PC) Ciliwung, rata rata kondisi kesehatan peserta PC jauh lebih baik

 

Dr.Ikbal dalam uraian Health Talknya, mengambil judul: “Pola Aktifitas Pada Pasien DM dan HT serta manfaat Olah Raga bagi Lansia” menyatakan bahwa :

 

1-Aging pada Lansia dipengaruhi oleh Fisiologi dan psikososial

2-Kondisi Kesehatan Lansia, terus menurun 1% tiap tahun bahkan pada kasus tertentu bisa lebih besar

 

3-Ada hubungan berkebalikan antara kemampuan otot dan lemak tubuh.

4-Kondisi sehat itu Otot makin kuat dan lemak berkurang atau sebaliknya otot makin berkurang kekuatannya dan lemak terus meninggi.

5-Untuk mencapai kondisi sehat (otot lebih kuat), salah satu upayanya dengan rutin senam

6-Berdasarkan standar WHO, senam atau olah raga, dianjurkan minimal 150 menit tiap minggu

7-dr. Ikbal juga mengajak para Lansia pensiunan untuk juga bergabung dengan Preventive Center (Olah Raga Fitnes) di Jalan Ciliwung Bandung

 

Bertalian dengan Health yang dibawakan dr.Ikbal dengan apik dan rasanya mudah dipahami, dilanjutkan bergoyang senam dengan instruktur pak Sonci. Dia mengajak peserta senam bersama yaitu :

 

1-Senam peregangan pertama dengan alunan lagu dangdut : “Sungguh kumerasa resah”

2- Peregangan / stretching dilanjutkan : alunan  melody Willingly dan berikutnya

3-Senam Erobika

 

Kegiatan ini diakhiri dengan beberapa orang Diabetasi dan penderita HT dikumpulkan. Kepada Mereka yang hasil ukurnya melebihi standar (kurang sehat), diberi petunjuk / arahan oleh dr. Catharina khususnya untuk mengubah agar berpola hidup sehat.

 

Senam Prolanis SMSO memang keren

(Bahan dan foto dikompulir dari : Ibu Agung Lestari, Ibu Sumaryanti, bp. Sonci dan dr. Ikbal)-Editor : FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close