YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam reboan KJS Bandung Selatan 29-01-20

 

Kegiatan Senam rutin pada hari Rabu tanggal 29  Januari 2020 dilaksanakan Klub Jantung Sehat Bandung Lautan Api (KJS BLA) Tegallega P2Tel Cabang Bandung Selatan. Aktivitas senam terakhir di bulan Januari 2020 ini yang dihadiri oleh 76 orang terdiri dari 35 orang pensiunan 37 orang ni  dan 4 orang umum.

 

 

Senam hari ini dipimpin oleh  Pak Agus meluputi  Senam Peregangan Senam TELKOM, Senam Pernapasan, Dilanjutkan dengan senam Maumere dan Senam Poco2  dan ditutup dengan senam pendinginan.

 

Alhamdulillah sesuai jadwal di acara senam kali ini juga dihadiri tamu kita dari Yakestel yaitu Bp. dr. Ferry Perdana , Bu Disa Ferdiantika dan Pa Yuyus terimakasih atas kehadirannya.

 

 

Dalam kesempatan yg baik ini dr.Ferry menyampaikan Health Talk mengenai pngenalanVirus Corona yang sedang mewabah dan tindakan peencegahannya.

 

Kasus pneumonia ditemukan di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China pada tanggal 31/12/2019. Pneumonia ini disebabkan oleh virus yang memiliki kemiripan dengan MERS-CoV dan SARS. Oleh WHO disebut dengan 2019-novel Coronavirus (2019-nCoV).  Sumbernya diperkirakan Kelelawar

 

 

Umummya, gejala 2019-nCoV meliputi demam, batuk, sesak napas yang cepat dangkal, dan kesulitan bernafas atau perbafasan cepat 24x per menit. Pada kasus yang lebih parah, infeksi dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, dan gagal ginjal.

 

 

Cara penularannya: Diperkirakan penularannya adalah paparan pernapasan yang dihasilkan oleh orang yang terinfeksi seperti saat batuk atau bersin, mirip dengan bagaimana influenza menyebar.

 

Agar terhindar dari pajanan virus, WHO merekomendasikan untuk mengurangi paparan dengan menjaga kebersihan tangan; tutup hidung dan mulut ketika bersin dan batuk; hindari kotak dengan siapapun yang menunjukkan gejala seperti demam dan sesak napas; hindari kontak lanngsung dengan hewan hidup dan tidak bersentuhan dengan hewan, serta tidak memakan makanan dan daging mentah.

 

Disamping itu

1-Siapkan tissue jika batuk bersin ludah serta masker

2-Cuci tangan dengan sabun selama 20 detik bisa juga pakai  Sanitiser

 

Kapan cuci tangan dilakukan ?

1-Jika batuk

2-Sebelum makan

3-Sebelum memegang mata, mulut atau hidung

 

Agar tidak tertular, Pakailah masker dan penggunaan ventilasi, agar diimbangi  dengan adanya lubang lain untuk menyalurkan udara yang masuk agar bisa keluar

Marilah kita tingkatkan kewaspadaan dan perlindungan terhadap penyebaran virus tersebut a.l meliputi peduli pada gejala klinis dan cara pencegahannya.

 

Tidak lupa setelah selesai memberikan ceramah kesehatan(health talk), dr.Ferry dan Bu Disa berfoto bersama anggota KJS BLA TEGALLEGA. Terimakasih kami ucapkan kepada YAKESTEL. Semoga kita semua sehat2 selalu, terhindar dari virus corona dan penyakit2 lainnya dan tetap semangat. Aamiin.

(Data dan foto kirimanH. Djuhana)-Editor : FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close