TELKOMGrup dan SEKAR

Telkomsel Perkuat Mutu 4G Di Lima Lokasi Superprioritas Wisata

(indotelko.com)- JAKARTA; Telkomsel telah meningkatkan dan penguatan kualitas jaringan terutama jaringan 4G di 5 lokasi super prioritas wisata di Tanah Air.

 

Telkomsel telah menambah kapasitas jaringan broadband lokasi destinasi wisata yaitu di Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo guna melayani kebutuhan komunikasi wisatawan.

 

“Kami terus mendukung pemerintah memajukan pariwisata dan telah memperkuat dan menambah jaringan broadband 4G terutama di 5 destinasi yang jadi fokus pemerintah tahun 2020. Ini karena potensi pariwisata sangat besar ‎dan jumlah wisnus danwisman terus bertambah tiap tahunnya. Ini juga mendukung terbentuknya ekosistem digital di 5 lokasi itu” kata Direktur Network Telkomsel, FM Venusiana R.

 

Untuk mendukung aksesibilitas jaringan broadband di 5 titik wisata itu, Telkomsel menambah infrastruktur BTS 4G jadi lebih dari 330 BTS 4G. Di kawasan Danau Toba, layanan 4G Telkomsel telah menjangkau hampir 100% wilayah populasi antaranya Kawasan Wisata Danau Toba dan sekitarnya.

 

Di Likupang, 4G Telkomsel menjangkau 75% wilayah populasi di area wisata yang kini Kawasan ini masih dalam pengembangan infrastruktur. Layanan 4G Telkomsel juga menjangkau hampir 100% populasi di kawasan Borobudur dan 90% wilayah populasi Labuan Bajo termasuk area wisata Labuan Bajo, Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar, Bandar Udara Komodo, dan Pelabuhan ASDP Komodo.

 

Di Mandalika, layanan 4G Telkomsel menjangkau hampir 100% populasi meliputi Pantai Kuta, Panjai Serenting, Pantai Tanjung Aan, Pantai Keliuw, Pantai Gerupuk hingga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Khusus di wilayah KEK Mandalika Telkomsel menghadirkan layanan 4G LTE untuk mensukseskan ajang MotoGP 2021 yang akan diadakan di wilayah tersebut.

 

Perilaku komunikasi wisatawan kini bergeser‎, penggunaan data mengunggah foto dan video di tempat wisata lebih dominan dibanding  penggunaan SMS dan suara. Wisatawan juga sering memanfaatkan data untuk perjalanan mulai mencari info tempat wisata, pesan tiket, dan bayar online. Layanan data juga digunakan ‎mengakses info seputar kuliner, pertunjukan seni dan budaya‎ yang di lokasi wisata.

 

Hingga kini Telkomsel membangun lebih dari 209.000 BTS dab 160.000 di antaranya BTS 4G dan 3G. Selain itu, 14.990 BTS itu BTS di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) hingga perbatasan negara.

 

Dalam mendukung promosi wisata lokal, Telkomsel menyediakan channel khusus di aplikasi MAXstream. MAXstream turut mempromosikan tempat wisata dengan menayangkan content video, bekerjasama dengan DispardadiIndonesia dan di dalamnya menayangkan potensi wisata daerah seperti contohnya di channel Explore Sumatera dan channel Dewita (Destinasi Wisata Digital) di Yogya dan NTT.

 

“‎Selain mengoptimalkan jaringan di tempat wisata, kami sediakan channel video di platform digital kami yaitu MAXstream. Selain itu, tahun 2018 kami berkolaborasi dengan Kemenpar meluncurkan kartu perdana khusus ‘simPATI Tourist Wonderful Indonesia’, di mana kartu perdana ini berdesain khusus yang memiliki spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan mancanegara.

 

Ini semua sebagai wujud nyata kami untuk mendukung kemajuan pariwisata Indonesia agar dapat lebih bersaing secara global,” tutup Venus. (wn; Bahan dari  : https://www.indotelko.com/read/1579835837/telkomsel-wisata)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close