Aku cinta Indonesia

Di Bali Ada 5 Tempat Ibadah Dalam Satu Komplek

(travel.detik.com)-Pusat Peribadatan Puja Mandala di Nusa Dua, Bali, punya pemandangan berbeda. Di sana, Anda dapat melihat 5 rumah ibadah dalam satu komplek. Suasananya yang tenang pun mampu mendamaikan hati ini.

 

Dalam perjalanan dari Nusa Dua ke ke Uluwatu, saya lihat sesuatu yang unik. Nama tempat itu Pusat Peribadatan Puja Mandala. Ada 5 bangunan di sini. Masing-masing bangunan dalam lokasi tersebut merupakan tempat ibadah umat Islam, Katholik, Protestan, Buddha, dan Hindu.

 

1-Masjid Ibu Batutah

Interior luar Masjid Agung Ibnu Batutah, seperti masjid-masjid umumnya. Warna kuning lebih mendominasi masjid ini. Masjid Agung Ibnu Batutah memiliki tiga lantai dan lantai pertama diperuntukkan bagi kaum wanita.

 

2-Gereja Katholik, Paroki Bunda Segala Bangsa

Bangunan gereja ini sama seperti kayaknya gereja yang ada di luar Bali. Tidak seperti gereja Katholik di Bali yang umumnya berbentuk unik. Di depan bangunan utama terdapat menara lonceng. Saya paling suka mendengar bunyi lonceng dari gereja.

 

Interior di dalamnya juga seperti gereja-gereja pada umumnya. Ruangannya cukup besar dengan altar dan barisan kursi umat. Yang menarik dari gereja ini ialah lantainya yang bersih menimbulkan refleksi altar serta kursi. Cantik!

 

3-Vihara Buddha Guna

Banyak patung cantik di luar bangunan Vihara Buddha Guna. Dari patung gajah putih di bagian depan, naga putih di samping, dan tentunya patung Buddha. Warna putih dan emas mendominasi vihara ini. Pantulan cahaya matahari waktu itu pun membuatnya semakin cantik.

 

4-Gereja  Protestan GKPB Jemaat  Bukit Dua

Di Gereja Protestan GKPB Jemaat Bukit Dua, juga memiliki menara lonceng. Walaupun, lonceng di gereja ini berdeda bentuk. Bangunan utama gereja ini terdiri dari dua lantai, dengan dinding marmer. Sayang, saya tidak meihat interior di dalam, mungkin saja ada yang menarik.

 

5-Pura Jagatnatha

Keberadaan pura sudah umum di Bali. Pura Jagatnatha yang ada di lokasi ini juga sama seperti pura pada umumnya. Bangunan puranya terbuat dari batu berwarna hitam dan terdapat gapura pintu masuk. Karena pintunya tertutup, saya pun tidak bisa melihat bagian dalam.

 

Sungguh kagum saya melihat kompleks ini. Yuk, kita jalin kerukunan antar umat beragama di Indonesia tercinta.  (Yohana Winanti;  Bahan  dari : https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-2162257/bali-punya-5-tempat-ibadah-dalam-1-komplek)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close