Islam

pentingnya menjaga lisan dalam islam

(muslim.okezone.com)-MULUT  berbisa, atau mulutmu adalah harimaumu, itu contoh ungkapan tentang bahaya tidak menjaga lisan. Ungkapan itu selaras dengan ajaran Islam.

 

Islam mengajarkan agar setiap Insan menjaga lisan atau perkataan, jika tidak, maka yang didapat adalah suatu kerugian. Ada hadis yang memperingatkan agar setiap Muslim bisa menjaga lisan dengan baik, salah satunya yakni: “Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan.” (HR. Al-Bukhori).

 

Dikutup dari laman Tebuireng, maksud dari hadis ini keselamatan yang didapat bergantung lisan atau yang diucapkan. Jika tidak mampu menjaga lisan dan selalu berbuat keburukan yang menimbulkan permusuhan serta menyakiti hati orang lain, maka lebih baik diam dibandingkan berbicara.

 

Ketika seseorang bisa menjaga lisan dengan baik maka akan memiliki kedudukan yang tinggi, dijanjikan surga oleh Allah, dijauhkan dari neraka jahanam, dan dijauhkan dari kebinasaan.

 

Karena itu kewajiban setiap Muslim menjaga lisan dengan baik. Lisan merupakan karunia Allah yang sepantasnya digunakan sebaik-baiknya untuk mendorong kepada kebaikan dan menjauhkan keburukan.

 

Banyak berkata yang baik, jangan banyak bicara yang tidak bermanfaat karena hanya akan membuat hati menjadi keras. Jika tidak mampu berkata baik, maka lebih baik diam, dan diam merupakan pilihan paling bijak dan menyelamatkan di dunia dan di akhirat. Aamiin Ya Rabbal Alamin. Demikian ditulis Tika Herlina, mahasantri dari Unhasy Jombang.

 

(abp; Abu Sahma Pane;  Bahan  dari : https://muslim.okezone.com/read/2020/03/20/614/2186244/pentingnya-menjaga-lisan-dalam-islam-ini-penjelasannya  )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close