Iptek dan Lingk. Hidup

Hoax Video Orang Cina Shalat Jamaah Hingga Di Jalanan Akibat Wabah Corona

(indopolitika.com)- Jagat maya diramaikan postingan video orang-orang di Cina yang sholat di siang hari di masjid hingga meluber ke jalanan. Di postingan itu disertai keterangan warga Cina minta tolong pada orang yang ada di masjid agar mereka berdoa pada Tuhan supaya dibebaskan dari virus.

 

“Kiriman dari teman yang ada di negeri Cina. Sejak presiden Cina Xi Jin Ping ke masjid dan minta tolong pada orang orang dimasjid agar mereka berdoa kepada Tuhan supaya dibebaskan dari virus corona yang mematikan itu. Sekarang orang orang cina berbondong datang kemasjid untuk ikut sholat dan berdoa”.

 

“Tetapi karena mereka bingung menghadapnya kemana ya ikut saja teman yang ada disebelahnya. Pemandangan yang lucu tapi bikin merinding. Semoga mereka mau masuk Islam. Aamiin.” begitu bunyi narasi yang beredar di media sosial dan berbagai grup WA.

 

Berdasarkan penelusuran redaksi Indopolitika.com (8/2/20), pernyataan awal bahwa Presiden Cina Xi Jinping datang ke masjid dan minta tolong umat islam agar berdoa kepada tuhan supaya dibebaskan dari virus Corona itu salah. Faktanya video itu kunjungan Xi ke Masjid Xincheng di Yinchuan, ibu kota Wilayah Otonomi Ningxia Hui pada 19 Juli 2016.

 

Kunjungan Xi Jinping ke masjid di wilayah barat Tiongkok pernah dimuat Republika.co.id. Xi mendorong kaum muslim Tiongkok mempromosikan harmoni sosial dan menolak penyusup agama.

 

Pula dijelaskan dalam artikel itu, Pemerintah Tiongkok membantah membatasi praktik keagamaan. Justru, dalam konstitusi Tiongkok, kebebasan beragama dijamin, termasuk muslim.

 

Terkait gambar video orang-orang sholat hingga di jalanan dikaitkan dengan wabah virus Corona, meskipun redaksi Indopolitika belum mendapatkan informasi detail kapan video itu diambil tapi ada beberapa kejanggalan jika video itu dikaitkan dengan wabah virus corona.

 

Kejanggalan pertama adalah nampak di video penduduk Cina baik yang sedang sholat maupun yang menonton tidak menggunakan masker. Hal ini dirasa janggal karena hampir seluruh wilayah Cina saat ini penduduknya menggunakan masker untuk mencegah tertularnya Virus Corona.

 

Kejanggalan lainnya adalah saat ini Cina tengah mengalami musim dingin, sementara di video yang beredar nampak kejadiaannya terlihat di musim panas. (rif; Bahan dari : https://indopolitika.com/viral-video-orang-cina-salat-jamaah-hingga-di-jalanan-akibat-wabah-virus-corona-benarkah/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close