Aku cinta Indonesia

Tujuh Fakta Tol Cisumdawu Terindah Di Indonesia(1/3)

(katadata.co.id)- Pembangunan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) ditargetkan selesai akhir 2020. Jalan tol yang akan mempercepat akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (Kertajati) dan Pelabuhan Patimban ini akan menjadi tol terindah di Indonesia.

 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kemen-PUPR, Danang Parikesit, mengatakan jalan tol sepanjang 60,84 km tersebut konstruksinya melintasi perbukitan. Tol Cisumdawu berada di cekungan yang dikelilingi tiga gunung vulkanik, yakni Gunung Tampomas, Manglayang, dan Patuha.

Proyek ini merupakan tol pertama dengan dua terowongan yang dibuat menembus bukit sepanjang 472 meter. Seperti dilansir Bisnis.com, di atas terowongan akan ditambahkan ornamen flora sehingga menambah keindahan jalan tol tersebut. Berikut ini tujuh fakta mengenai Tol Cisumdawu yang kami rangkum dari berbagai sumber.

 

1-Proyek Strategis Nasional (PSN) didanai pinjaman pemerintah Tiongkok dan BUJT

Tol Cisumdawu yang terdiri atas enam seksi ini memiliki beberapa sumber pendanaan, yakni dari pinjaman pemerintah Tiongkok sebagai bagian dari viability gap fund (VGF).

 

Serta investasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol. Dana APBN dan pinjaman dari pemerintah Tiongkok akan digunakan untuk membangun seksi I dan II dengan nilai total Rp 6,6 triliun.

 

Seksi III hingga seksi VI akan dibiayai BUJT dengan investasi Rp 8,1 triliun. Seksi I Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 km dan seksi II Rancakalong-Sumedang sepanjang 23,4 km.

 

Sementara itu, seksi III Sumedang-Cimalaka 4,5 km, seksi IV Cimalaka-Legok 8,2 km, seksi V Legok-Ujung Jaya sepanjang 14,9 km, dan seksi VI Ujung Jaya sepanjang 4,23 km.

 

(Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id dengan judul “Tujuh Fakta Tol Cisumdawu, Tol Terindah di Indonesia” , Penulis / Editor: Hari Widowati ; Bahan dari : https://katadata.co.id/berita/2020/01/20/tujuh-fakta-tol-cisumdawu-tol-terindah-di-indonesia)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close