TELKOMGrup dan SEKAR

Gercep Telkom Akan Lebur 20 Anak Cucu Usaha Biar Efisien

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Telekom menyampaikan akan merestrukturisasi sejumlah anak dan cucu usaha perseroan. Gerak cepat alias gercep ini dilakukan setelah didapati ada anak dan cucu usaha yang kegiatan usahanya cenderung sama dan tumpang tindih.

“Dapat saya sampaikan sejak tahun-2019 kita sudah merencanakan restrukturisasi anak usaha sejalan dengan program (Kementerian) BUMN. Seperti tadi yang disampaikan, di Telkom ada 49 anak dan cucu usaha yang terkonsolidasi. Setelah di-scan ada yang duplikasi, overlapping, jadi tidak efisien,” kata Dirut, Ririek Ardiansyah, saat video conference di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Ririek mengatakan, restrukturisasi tersebut dilakukan dengan melakukan penggabungan usaha (merger) anak usaha. Telkom juga melakukan feasibility study agar kegiatan anak usah bisa fokus mendukung portofolio bisnis utama perseroan, sehingga lebih efisien dan tangkas (agile).

 

Lebih lanjut Ririek mengatakan, ke depan anak usah Telkom bisa memberikan value creation sehingga bisa mendukung Telkom dalam melalui evolusi di industri telekomunikasi.

 

“Ke depan bisa saja buat JV (Joint Venture) baru dengan swasta khususnya digital. Jadi jumlah perusahaan setelah dikurangi 2020-2021 ini kurangi 20 anak usaha, ke depan bisa nambah dengan cara baik dan efisien dengan portofolio yang ada, Telkom akan fokus ke arah digital,” jelas Ririek.

Menurut Ririek, jumlah anak usaha yang akan direstrukturisasi sebanyak 20 perusahaan dengan mengedapankan tata kelola atau good corporate governance (GCG) yang benar.

 

Terkait karyawan yang terkena dampak restrukturisasi tersebut, Ririek mengatakan, akan dipindahkan ke anak usaha yang lain. “Sehingga nanti diharapkan dampak PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) bisa minimal,” kata Ririek.

Menurut Ririek dengan menghilangkan tumpang tindih kegiatan anak usaha, Telkom menjadi lebih efisien. “Selama proses ini, akan terus jaga dan pelayanan ke pelanggan tidak terganggu. Ini akan dampaknya positif,” kata Ririek.

 

(hps/hps; Monica Wareza; Bahan dariĀ  : https://www.cnbcindonesia.com/market/20200403121915-17-149602/gercep-telkom-bakal-lebur-20-anak-cucu-usaha-biar-efisien)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close