TELKOMGrup dan SEKAR

Telkomsel resmi hadir di Manado

MANADO, KOMPAS.com – Pengguna layanan Telkomsel yang berada di kota Manado kini sudah bisa menikmati koneksi internet cepat 4G LTE. Koneksi tersebut beroperasi di frekuensi 1.800 MHz, sehingga pengguna mesti memiliki ponsel yang mendukung agar bisa mencobanya.

“Hari ini kita meresmikan layanan 4G LTE Telkomsel di Manado yang sudah meng-cover sekitar 80 persen wilayah,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dalam peluncuran Telkomsel 4G LTE di Manado, Jumat (9/10/2015).

Manado adalah kota ke-8 pengoperasian 4G LTE Telkomsel. Sebelumnya mereka sudah membuka akses 4G di Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya untuk frekuensi 900 MHz, serta Makassar dan Lombok untuk frekuensi 1.800 MHz.

Pada frekuensi 1.800 MHz, Telkomsel menyediakan pita selebar 10 MHz yang menjanjikan kecepatan hingga 75 Mbps. Sedangkan di frekuensi 900 MHz, yang sudah lebih dulu digunakan, tersedia pita selebar 5 MHz.

Pengoperasian layanan 4G LTE di Manado mempertimbangkan pertumbuhan konsumsi data di sana. Telkomsel mencatat pada semester I 2015 ada peningkatan data sebesar 30 persen dari periode sama tahun sebelumnya.

Mereka menyiapkan 35 eNode B atau base transceiver station (BTS) 4G di lokasi-lokasi strategis kota Manado, antara lain kawasan Mega Mall, Manado Town Square dan kawasan bandara. Namun ada juga daerah-daerah yang belum mendapatkannya dan menggunakan HSPA+ , misalnya di jalan antara bandara menuju kota Manado.

Saat ini Telkomsel total memiliki lebih dari 1200 BTS 4G, sekitar 1,3 juta pelanggan. Total pelanggan mereka secara keseluruhan tercatat 149 juta orang . (Yoga Hastyadi Widiartanto; Editor: Reza Wahyudi ;

http://tekno.kompas.com/read/2015/10/09/14255227/4G.LTE.Telkomsel.Resmi.Hadir.di.Manado)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close