Iptek dan Lingk. Hidup

Taiwan Dan Jerman Larang Penggunaan Zoom

(inews.id)-BERLIN; Taiwan bukan satu-satunya negara yang melarang penggunaan Zoom. Jerman  mengikuti langkah Taiwan untuk tidak memakai aplikasi konferensi Video yang sedang naik daun itu.

 

Pejabat di Kemenlu Jerman membatasi penggunaan Zoom setelah memo pemerintah mengenai risiko menggunakan software diterbitkan. Seperti diketahui, di tengah lockdown akibat virus corona (Covid-19), Zoom dan aplikasi telekonferensi lainnya mengalami lonjakan dalam penggunaan.

 

Namun, Zoom telah menghadapi reaksi keras setelah muncul laporan trafik dialihkan melalui China, zoombombing, dan kurangnya langkah-langkah keamanan yang tepat dan terkait privasi lainnya.

 

Menurut surat kabar Handelsblatt, Zoom sudah banyak digunakan di seluruh mitra internasional kementerian. Artinya, akan sulit untuk melarang penggunaannya sepunuhnya, sehingga karyawan dapat masuk menggunakan mesin pribadi untuk tujuan profesional.

 

“Berdasarkan laporan media dan temuan kami sendiri, kami telah menyimpulkan software Zoom memiliki kelemahan kritis dan masalah keamanan serta perlindungan data yang serius,” bunyi memo yang dikutip dari Tech Radar, Jumat (10/4/2020).

 

Keputusan Jerman melarang penggunaan Zoom terjadi setelah pemerintah Taiwan menghindari penggunaan layanan konferensi video tersebut. Pemerintah Taiwan menunjukkan aplikasi alternatif dari pesaing seperti Microsoft dan Google lebih aman.

 

(reporter / Edittor: Dini Listiyani; Bahan dari : https://www.inews.id/techno/internet/setelah-taiwan-giliran-jerman-larang-penggunaan-zoom)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close