Kesehatan

Tak Tunjukkan Gejala Berat Anak Dan Bayi Bisa Jadi Carrier Covid 19

(merdeka.com)- Pada anak dan bayi, infeksi COVID-19 yang dialami tidak separah yang dewasa. Namun mereka tetap perlu awas, karena bisa jadi pembawa virus itu.

 

Dr Dasaad Mulijono Kepala Cardiac Center Bethsaida Hospitals menyebut anak-anak dapat menjadi pembawa virus (carrier) COVID-19. Menurutnya, data menunjukkan bahwa corona pada anak atau bayi hanya akan menimbulkan gejala ringan.

 

Kriteria bayi atau anak yang dapat terjangkit COVID-19 hanya anak-anak tertentu. Misal, bayi yang tidak diberi air susu ibu (ASI) dan yang telah memiliki penyakit bawaan.

 

“Karena di dalam air susu ibu ada imun untuk bayi. Biasanya bayi yang terkena adalah bayi yang minum susu formula,” kata Dasaad dalam siaran FB Liputan6.com. Walau bayi dan anak berisiko terkecil kena COVID-19 namun mereka dapat menjadi pembawa virus.

 

“Anak kecil dan bayi kita harus hati-hati karena mereka bisa menjadi carrier, tempat di mana bisa menularkan kepada orang tua. Makanya sekarang di luar negeri bayi dan anak-anak dilarang bertemu dengan kakek neneknya karena lansia lebih rentan,” terangnya.

 

Anak Muda yang meninggal karena Covid-19

Anak muda atau remaja berisiko lebih rendah terkena corona dibanding orang tua. Namun, data menyebutkan banyak juga anak muda wafat akibat COVID-19. Hal ini perlu dilihat dari gaya hidup anak muda itu. Kebanyakan pasien muda yang meninggal adalah perokok dan banyak mengonsumsi makanan berlemak seperti goring-gorengan.

 

Jadi gak aneh mereka pada kena dan kasihannya gak sedikit yang meninggal padahal harusnya umur segitu tidak meninggal kalau kena COVID-19. Hingga kini, Lansia di atas 50 tahun jadi golongan paling rentan terinfeksi COVID-19 dengan gejala berat. Selain itu, orang dengan penyakit penyerta seperti diabetes, tuberculosis, dan HIV juga memiliki risiko kematian tinggi jika terinfeksi COVId-19.

 

(Reporter: Ade Nasihudin Al Ansori; Rizky Wahyu Permana; RWP; Bahan dari : Liputan6.com  dan https://www.merdeka.com/sehat/tak-tunjukkan-gejala-berat-anak-dan-bayi-bisa-jadi-carrier-covid-19.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close