Iptek dan Lingk. Hidup

Hoaks Munculnya Hewan Aneh Di Pekanbaru Mirip Kelelawar Tapi Bisa Berenang

(liputan6.com)-JAKARTA; Kabar tentang binatang aneh yang muncul di Pekanbaru beredar di medsos. Kabar ini beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WA pada Jumat 17/4/2020.

 

Dalam pesan berantai itu, ada foto yang diklaim binatang aneh. Binatang itu memiliki 2 tangan dan 2 kaki, ada juga selaput mengelilingi tubuh. Ada narasi yang menjelaskan foto binatang itu. Berikut narasinya:  “Binatang Aneh sdh dua hari muncul di PakanBaru. Badannya kaya Kelelawar tapi Berenang di Air. ada yang faham, bisa menjelaskan yaa?

 

Penelusuran Fakta

Cek Fakta liputan6.com menelusuri kabar binatang aneh yang muncul di Pekanbaru. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto binatang aneh ini ke situs pencari Google Image. Hasilnya ada situs yang mengunggah foto serupa. Satu di antaranya yang diunggah akun FB Nature’s Beautiful pada 15/7/2017.

 

Akun FB Nature’s Beautiful mengunggah foto serupa disertai narasi. “It’s a bird, it’s a plane, it’s…neither. It’s actually the colugo, a gliding mammal with no sense of decency,” tulis akun FB Nature’s Beautiful.

 

Liputan6.com kemudian menemukan artikel yang menjelaskan mengenai binatang itu. Adalah artikel berjudul “Absurd Creature of the Week: The Adorably Creepy Gliding Mammal That’s Basically Just  a Big Flap of Skin” yang ditayangkan situs wired.com pada 21/11/2014.

 

Dijelaskan hewan itu bernama Colugo  dan biasa ditemukan di kawasan Asia Tenggara : Malaysia, Filipina, dan Indonesia. Binatang ini bersayap menutupi tubuhnya. Sekilas, sayap Colugo mirip kelelawar dan tubuhnya berbulu halus seperti tupai. Colugo hidup di hutan, hewan ini biasa melompat dari satu pohon ke pohon lain. Sayap Cologu memudahkannya menjangkau pohon yang posisinya cukup jauh.

 

Penelusuran selanjutnya, memasukkan kata kunci “binatang aneh berenang” ke situs pencari YouTube. Hasilnya, ada akun yang mengunggah video binatang aneh berenang. Salah satunya akun YouTube Channel Kelahiran 88 yang mengunggah video bertajuk “Mirip Kelelawar,Tapi Anehnya Hewan Ini Bisa Berenang”.

 

Dalam video itu Liputan6.com menemukan komentar salah satu warganet yang mengungkapkan jenis binatang yang dimaksud. Binatang tersebut adalah Colugo dan Sea Hare.

 

Liputan6.com kemudian memasukkan kata kunci “Sea Hare” ke situs berbagi video YouTube. Hasilnya ada beberapa video hewan sea hare, satu di antaranya video bertajul “Sea Hares Swimming” yang diunggah akun YouTube G.A.P TV pada 15 April 2020.

 

Dilansir dari situs wildlifetrusts.org, sea hare bisa ditemukan di air dangkal dan di kolam batu di pantai rendah. Mereka biasa memakan rumput laut.

 

Kesimpulan

Kabar tentang binatang aneh yang muncul di Pekanbaru tidak benar. Foto yang diklaim sebagai binatang aneh ternyata adalah Colugo atau lemur terbang.

 

Lemur terbang hidup di hutan kawasan Asia Tenggara. Misalnya saja di Filipina, Malaysia, dan Indonesia.

Sementara, penelusuran terkait video tentang ‘hewan mirip kelelawar yang bisa berenang’ mengarah ke hewan lain yakni Sea Hare.

 

(Hanz Jimenez Salim; Bahan dari : https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4230958/cek-fakta-hoaks-kemunculan-hewan-aneh-di-pekanbaru-mirip-kelelawar-tapi-bisa-berenang)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close